Tipe Kepribadian Manusia & Apa Profesi yang Sesuai Karakter Itu?

Oleh: Dhita Koesno - 5 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Tipe kepribadian manusia dan daftar profesi yang sesuai dengan karakter itu?
tirto.id - Manusia memiliki 4 tipe kepribadian yakni; sanguinis atau umumnya suka bersikap optimis, koleris atau temperamental, melankolis, dan plegmatis yang biasanya apatis.

Dikutip dari Cleverism, empat tipe kepribadian ini sifat dasar mereka adalah sebagai berikut:

  • Sanguinis: antusias, aktif, dan sosial.
  • Koleris: pemarah, cepat dan mudah tersinggung
  • Melankolis: analitis, bijak, dan pendiam
  • Phlegmatis: santai dan damai

Klasifikasi ini berasal dari Hippocrates yang mempercayai konsep humorisme dan memasukkan keempat temperamen tersebut ke dalam empat cairan tubuh (“humor”) yang mempengaruhi perilaku dan ciri kepribadian manusia.

Dia menegaskan bahwa suasana hati dan emosi bergantung pada kelebihan atau kekurangan cairan di tubuh orang.

Belakangan, peneliti medis Galen menggambarkan empat temperamen sebagai klasifikasi kualitas panas / dingin dan kering / basah dari empat unsur. Galen menamakannya sanguine, choleric, melancholic dan phlegmatic

Empat temperamen dan humor utama mereka sebagai berikut: Sanguinis (darah), Phlegmatis (dahak), Koleris (empedu kuning), dan Melankolis (empedu hitam). Keempatnya adalah standar tetapi bukan satu-satunya klasifikasi temperamen manusia.

Profesi yang Sesuai Tipe Kepribadian Manusia


Berdasarkan tipe kepribadian manusia, maka berikut ini beberapa profesi yang cocok dan sesuai dengan karakter itu seperti dilansir Psychologia:

1. Sanguinis

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis cenderung lincah, optimis, ceria, dan riang. Mereka menyukai petualangan dan memiliki toleransi risiko yang tinggi.

Orang-orang sanguinis biasanya miskin dalam menoleransi kebosanan dan akan mencari variasi dan hiburan. Secara alami, sifat ini terkadang dapat berdampak negatif pada hubungan romantis dan lainnya.

Orang-orang yang optimis sangat kreatif dan bisa menjadi seniman hebat. Selain itu, mereka adalah penghibur yang luar biasa dan akan berhasil jika mereka memilih karier di industri hiburan.

Kemampuan alami mereka juga akan membantu mereka dengan baik jika mereka memilih pekerjaan terkait hobinya, seperti pemasaran, travelling, mode, memasak, atau yang berhubungan dengan olahraga.

2. Koleris

Seorang dengan temperamen mudah tersinggung biasanya adalah orang yang berorientasi pada tujuan. Orang koleris sangat cerdas, analitis, dan logis. Sangat praktis dan terus terang, mereka belum tentu teman yang baik atau sangat ramah.

Mereka tidak menyukai pembicaraan kecil dan menikmati percakapan yang dalam dan bermakna. Mereka lebih suka sendirian daripada ditemani orang-orang yang berpikiran dangkal.

Idealnya, mereka ingin menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki minat profesional yang sama.

Pekerjaan ideal untuk koleris yang terkait dengan industri adalah teknologi, statistik, teknik, pemrograman, dan bisnis.

3. Melankolis

Orang dengan kepribadian melankolis menyukai tradisi, seperti wanita memasak untuk pria, atau pria membuka pintu untuk wanita.

Mereka mencintai keluarga dan teman-temannya, tidak seperti orang sanguinis, mereka tidak mencari hal baru dan petualangan. Terlebih lagi, mereka menghindarinya sebisa mungkin.

Seseorang dengan temperamen melankolis tidak mungkin menikah dengan orang asing atau meninggalkan tanah airnya ke negara lain.

Orang-orang yang melankolis sangat sosial dan berusaha untuk berkontribusi pada komunitas. Menjadi sangat teliti dan akurat, mereka adalah manajer yang fantastis dengan kepribadian yang baik.

Karier yang sempurna untuk tipe kepribadian melankolis haruslah di manajemen, akuntansi, pekerjaan sosial, atau administrasi.

4. Plegmatis

Seseorang dengan kepribadian plegmatis atau apatis adalah orang-orang yang suka mencari keharmonisan interpersonal dan hubungan dekat, yang membuat orang apatis menjadi pasangan setia dan orang tua yang penuh kasih.

Mereka menjaga hubungan mereka dengan teman lama, anggota keluarga jauh, dan tetangga.

Orang dengan temperamen apatis cenderung menghindari konflik dan selalu berusaha menengahi antara orang lain untuk memulihkan perdamaian dan harmoni.

Mereka sangat suka beramal dan membantu orang lain. Karier ideal untuk tipe kepribadian apatis harus dikaitkan dengan perawat, guru, psikologi atau konseling, perkembangan anak, atau layanan sosial.


Baca juga artikel terkait KEPRIBADIAN MANUSIA atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight