Tipe, Harga dan Spesifikasi Maxi Yamaha: dari NMax Hingga TMax

Oleh: Budwining Anggraeni Tiyastuti - 1 November 2019
Dibaca Normal 2 menit
Yamaha NMax mendapat sambutan meriah dari masyarakat Indonesia.
tirto.id - Motor skuter otomatik (skutik) berbadan tambun saat ini cukup ramai memenuhi jalanan Indonesia. Berbagai perusahaan produsen motor pun berbondong-bondong memproduksi skutik bongsor ini. Salah satunya pelopor produsennya adalah Yamaha.

Pada tahun 2015, Yamaha meluncurkan NMax dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat Indonesia. Pada bulan pertama peluncuran NMax, yakni Februari, motor ini hanya terjual 1.916 unit. Namun, pada dua bulan kemudian, tepatnya April, penjualannya meningkat hingga dua kali lipat menjadi 3.299 unit.

Yamaha lantas mengeluarkan berbagai tipe dan varian motor matik dengan kualitas premium lainnya. Jenis yang ditawarkan pun beragam. Rentang harganya pun beragam dari 20 juta hingga 300 juta. Berikut merupakan daftar 5 jenis motor Yamaha seri Maxi yang dikutip melalui laman resmi Yamaha Indonesia.

1. Lexi

Lexi merupakan salah satu motor Yamaha seri Maxi yang memiliki bobot paling ringan, sehingga motor ini cocok digunakan untuk berbagai kalangan. Selain ringan, motor ini unggul karena memiliki pijakan kaki yang panjang serta ukuran seat lebih panjang pula. Kedua hal ini semakin membuat pengendara Yamaha Lexi semakin nyaman.

Seluruh tipe motor Yamaha Lexi tersebut telah menggunakan mesin berkapasitas 125cc. Lexi juga dilengkapi dengan teknologi stop & start system (SSS) yang berfungsi meminimalisir penggunaan bahan bakar saat motor sedang berhenti.

Seri Yamaha Lexi memiliki tiga tipe berbeda, yaitu Yamaha Lexi, Lexi S, dan Lexi S ABS. Yamaha Lexi dan Lexi S tersedia empat warna yang dapat dipilih, yaitu hitam matte, biru matte, merah, dan putih. Sedangkan tipe Lexi S ABS hanya tersedia dalam warna hitam saja.

Yamaha Lexi dihargai sebesar Rp20.800.000, sedangkan tipe Lexi S dihargai sebesar Rp23.745.000, tak jauh berbeda dengan tipe di bawahnya. Harga termahal motor Lexi jatuh pada Lexi tipe S ABS yang dihargai sebesar Rp26.500.000 karena keunggulannya yang telah dilengkapi teknologi ABS atau Anti Lock Braking System.

Dengan adanya system rem ABS ini, motor tak akan mudah selip saat direm mendadak atau saat dikendarai di jalan yang basah dan licin.

Pada tahun 2018, Yamaha Lexi mengantongi penghargaan dari Gridoto sebagai Motorcycle of The Year. Tak hanya itu, Yamaha Lexi juga menerima penghargaan Best of Medium Skutik 125cc versi Otomotif Award 2019.

2. XMax

XMax merupakan salah satu jenis motor Yamaha seri Maxi dengan mesin berkapasitas 250 cc. Motor skutik bongsor jenis XMax ini dibanderol dengan harga Rp59.820.000 on the road Jakarta. Teknologi dan fitur yang ditawarkan motor ini pun beragam.

XMax telah dilengkapi dengan lampu LED, hazard lamp, dan smart key system. Motor ini semakin menarik dengan adanya electric power socket yang berguna untuk mengisi daya gawai pengendara.

Tahun ini, XMax telah mengantongi dua penghargaan, yaitu Best Buy Matik Rp 50 juta – 80 juta dan Best Total Cost of Ownership Matik Premium versi Motor Plus Award 2019. Motor ini tersedia dalam 4 warna, di antaranya adalah hitam matte, biru matte, merah matte, dan silver matte.

3. NMax

Motor Yamaha NMax 155 menggunakan mesin 155 cc dilengkapi dengan teknologi blue core dan VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat performa tarikan mesin lebih bertenaga.

Tampilan NMax 155 semakin menarik dengan adanya new premium seat design yang memadukan dua tekstur kombinasi dengan emboss logo NMAX yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Terdapat dua tipe motor jenis ini, yaitu NMax 155 dan NMax 155 ABS. NMax 155 dibanderol dengan harga Rp27.770.000, sedangkan NMax 155 ABS dibanderol dengan harga 31.415.000.

4. TMax DX

Yamaha TMax DX merupakan motor skutik bongsor termahal yang dimiliki oleh Yamaha. Motor ini dihargai sebesar 319 juta bagi peminatnya. Harga ini sebanding dengan spesifikasi yang dimilikinya.

Motor Yamaha TMax DX telah menggunakan mesin berkapasitas 530 cc dan telah mengusung teknologi fuel injection. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi DOHC (Double Over Head Camshaft), sehingga membuat tenaga yang dikeluarkan motor ini tentu saja lebih besar.

Traction control system juga sudah diadopsi pada motor skutik tambun termahal milik Yamaha ini yang mampu mengurangi risiko selip saat berkendara di jalan yang basah atau licin. Pengendara TMax DX juga dapat memilih mode berkendara sesuai dengan keinginannya.

Yamaha telah menyediakan T Mode untuk pengalaman berkendara biasa dan S Mode yang akan memberikan pengalaman sporty riding bagi pengendara. TMax dilengkapi pula dengan kaca depan yang dapat disesuaikan secara elektronik saat berkendara yang akan semakin membuat pengalaman berkendara semakin nyaman. Sayangnya, motor ini hanya tersedia dalam dua warna, yaitu sword silver dan phantom blue.

5. Aerox

Mesin 155cc generasi baru yang dilengkapi dengan variable valve actuation membuat performa tarikan mesin lebih bertenaga. Selain itu, Yamaha Aerox dilengkapi dengan teknologi forged piston dan diasil cylinder yang kuat dan ringan sehingga performa mesin lebih maksimal, serta dilengkapi juga dengan smart motor generator yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Berikut merupakan 5 tipe motor Yamaha Aerox dari harga termahal hingga termurah.

    • Aerox 155 VVA S Doxou Version seharga Rp28,015,000
    • Aerox 155 VVA S-Version seharga Rp27.810.000
    • Aerok 155 VVA R-Version Monster Energy Yamaha Motogp Edition seharga Rp25.940.000
    • Aerox 155 VVA R-Version seharga Rp25.430.000
    • Aerox 155 VVA seharga Rp24.120.000

Baca juga artikel terkait YAMAHA NMAX atau tulisan menarik lainnya Budwining Anggraeni Tiyastuti
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Budwining Anggraeni Tiyastuti
Penulis: Budwining Anggraeni Tiyastuti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight