Tip Merawat Motor yang Sudah Lama Tidak Terpakai

Oleh: Ega Krisnawati - 26 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini beberapa tips untuk merawat motor yang sudah lama tidak digunakan.
tirto.id - Merawat motor perlu dilakukan secara berkala agar bisa dipakai dengan maksimal. Jika lama tak digunakan, mungkin saja ada beberapa komponen pada mesin yang rusak dan perlu diperbaiki.

Menurut laman resmi Suzuki, apabila motor sudah lebih dari 10 hari ditinggalkan maka sebaiknya tangki bahan bakar dan aci dicabut.

Pencabutan tangki bahan bakar dan aci, dapat mendukung keadaan motor tetap prima. Pandemi Corona membuat pengguna kendaraan bermotor terpaksa menghentikan penggunaannya. Namun begitu, motor harus tetap diperhatikan perawatannya.

Berikut ini tips merawat motor yang sudah lama tidak digunakan.

Dilansir dari laman resmi Astra Motor terdapat 5 tips yang dapat dimanfaatkan agar motor yang sudah jarang digunakan, tetap prima:

1. Rutin memanaskan mesin kendaraan

Pemanasan pada mesin kendaraan perlu dilakukan karena seringkali, mesin motor yang jarang digunakan akan menjadi dingin.

Untuk memperlancar oli yang sudah lama digunakan, strategi yang dapat dilakukan sangatlah mudah yaitu, menyalakan motor selama 3 sampai 5 menit agar motor dapat kembali pada suhu yang norma atau sesuai dengan standar.

2. Perhatikan bagian yang krusial

Sebelum memutuskan untuk memakai motor, sebaiknya cek terlebih dahulu rantai, rem, serta bagian penting lainnya.

Pasalnya, motor yang sudah lama tidak dipakai berpotensi mengalami kekeringan pada beberapa bagian, salah satunya rantai motor.

Oleh karena itu, memastikan bagian motor sebelum digunakan sangat memengaruhi kualitas dalam berkendara.

3. Perhatikan detail pada motor

Pastikan sebelum berkendara, motor yang digunakan sudah diperiksa keadaannya. Motor yang sudah lama digunakan berpotensi pula menjadi sarang serangga.

Hal ini berguna agar motor yang digunakan dalam keadaan bersih dan aman terkendali.

4. Gunakan standar tengah

Penggunaan standar tengah pada saat motor matic diparkirkan, sangat berguna apalagi jika motor tersebut sudah jarang digunakan.

Keuntungan lain penggunaan standar tengah ialah, mempermudah pemanasan pada motor.

Sebab pada motor matic keluaran baru, standar samping biasanya digunakan untuk mencegah motor menyala saat diparkirkan.

5. Jangan lupa untuk mencuci sepeda motor

Motor yang sudah lama tidak digunakan biasanya, memiliki banyak debu di sekitar badan motor. Kondisi tersebut tentunya membuat motor kelihatan tidak segar, dan kusam. Maka dari itu, motor yang sudah lama digunakan disarankan untuk dicuci.

Tidak hanya performa motor yang buruk, motor yang berdebu juga berpotensi pada kerusakan mesin ataupun rantai yang berkarat. Tidak harus mencuci motor di bengkel, motor yang berdebu dapat dicuci di rumah.


Baca juga artikel terkait TIPS MERAWAT MOTOR LAMA TAK DIPAKAI atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight