Tip Membuat Sandwich dan Kandungan Nutrisinya

Kontributor: Olivia Rianjani - 18 Okt 2021 15:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sandwich merupakan makanan siap saji yang tinggi lemak serta karbohidrat, dan hanya mengandung sedikit mikronutrien.
tirto.id - Membuat sandwich/roti lapis meski sederhana, idealnya tetap menggunakan bahan bergizi seimbang, berukuran tepat, dan disusun dengan urutan tertentu.

Tujuannya tentu saja supaya tetap enak tapi mencukupi asupan gizi.

Tahapan Pembuatan Sandwich


Merangkum dari situs Food Network dan Taste of Home, berikut cara membuat sandwich sederhana.

  1. Pilih roti berkualitas bagus: Pilih roti sesuai jenis sandwich yang akan dibuat. Umumnya, semakin lengas tekstur isi sandwich, semakin kering dan padat roti yang dibutuhkan
  2. Oleskan krim (mustard): Setelah memotong ciabatta loaf (roti) secara memanjang, oleskan krim di bagian bawah roti. Mustard dan mayones merupakan krim yang lazim digunakan. Tapi Anda bisa mencari alternatif seperti vinaigrette, pesto, saus BBQ, chutney, dan salsa.
  3. Memilih isi (Topping): Isian bisa menggunakan tomat, bawang, dan selada. Beri bumbu bawang mentah, garam, merica, minyak zaitun, dan cuka anggur merah. Diamkan selama 5 menit agar bumbu meresap. Selain bahan tersebut, jenis sayur lain untuk sandwich dapat berupa irisan adas, bayam, kol parut, paprika, pisang, daun kemangi, alfalfa, tauge, atau mentimun.
  4. Tambahkan protein: Masukkan daging, ikan, telur, atau keju.
  5. Satukan semua bahan
  6. Oleskan krim penutup: Bisa berupa mayones, mentega, atau keju krim. Oles di tepi roti satunya untuk menutup isian sandwich.

Kandungan Nutrisi Sandwich

Dalam sepotong sandwich, Anda bisa memilih tambahan karbohidrat dari roti tebal, jenisnya seperti bagel, baguette, croissant, dan roti gulung.

Sementara jika ingin mendapat tambahan lemak dan serat, pilih roti gandum.

Merujuk situs Nutrition Value dan Verywell Fit, sandwich ukuran 155 gr dengan daging ham, keju, dan olesan mayones memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut.
  • Kalori: 361
  • Lemak: 16,7
  • Natrium: 1320 mg
  • Karbohidrat: 32,5 gr
  • Serat: 2.3 gr
  • Gula: 5.13 gr
  • Protein: 19,3 gr

Bumbu pada sandwich sendiri mengandung sekitar 953 kalori per 245 gr, 83 gr lemak, 2,2 gr protein, dan 55 gr karbohidrat, 37 gr gula, 1 gr serat, dan sisanya karbohidrat kompleks.

Sementara olesan sandwich hanya mengandung sedikit mikronutrien, seperti 0,24 mcg vitamin D, 0,49 mg zat besi, 34,30 mg kalsium, dan 86 mg potasium.

Meski nutrisi sepotong sandwich cukup lengkap, Anda perlu waspada kalori tinggi pada krim oles, daging, dan ikan. Sandwich tinggi lemak dan kalori banyak dijual di swalayan atau restoran.


Baca juga artikel terkait SANDWICH atau tulisan menarik lainnya Olivia Rianjani
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Olivia Rianjani
Penulis: Olivia Rianjani
Editor: Aditya Widya Putri

DarkLight