Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Tidur Cukup untuk Cegah COVID-19

Oleh: Ibnu Azis - 25 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Selain mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga rutin, menjaga imunitas tubuh juga bisa dilakukan dengan tidur yang cukup.
tirto.id - Pandemi Corona di Indonesia masih belum diketahui kapan akan berakhir. Per 23 November 2020, pertambahan kasus konfirmasi COVID-19 harian kembali lebih tinggi dari pasien yang dinyatakan sembuh harian.

Data Satgas COVID-19 per tanggal tersebut menunjukkan bahwa terdapat 4.442 kasus konfirmasi baru sementara 4.198 pasien dinyatakan sembuh. Kasus konfirmasi total sebanyak 502.110 yang 422.386 di antaranya dinyatakan sembuh.

Infografik Tidur Tingkatkan Imun Tubuh
Infografik Tidur Tingkatkan Imun Tubuh. tirto.id/Quita


Oleh karena itu Satgas COVID-19 tak lelah terus menyerukan agar masyarakat selalu #IngatPesanIbu yaitu dngan tetap disiplin dalam menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) pada setiap aktivitas sehari-hari untuk memutus rantai penyebaran Corona.

Lain itu, masyarakat juga wajib menjaga imunitas agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk COVID-19. Selain mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga rutin, menjaga imunitas tubuh juga bisa dilakukan dengan tidur yang cukup.


Tidur 6-7 Jam Sehari

Laman resmi Satgas COVID-19 melansir bahwa waktu ideal manusia tidur sebaiknya antara 6 hingga 7 jam, serta direkomendasikan untuk tidur sebelum jam 11 malam dan bangun sebelum jam 5 pagi.

Akan lebih baik jika mengurangi waktu begadang agar durasi waktu tidur tetap terjaga serta bisa menjaga imunitas tubuh.

Meski begitu, di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, seseorang akan rentan mengalami stres hingga kecemasan. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal macam informasi yang terlalu banyak dan beberapa di antaranya kurang tepat bahkan hoaks.

Situasi seperti itu akan menimbulkan ketidakpastian, perubahan pola hidup, hingga keresahan, karena belum adanya waktu pasti kapan pandemi berakhir.

Lantaran hal itu berpotensi sekaligus berkontribusi dalam menyebabkan gangguan tidur, ini akan membuat seseorang kehilangan kualitas tidur mereka yang berakibat pada penurunan imun tubuh.


Menjaga Kualitas Tidur Selama Pandemi

Laman Sleep Health Foundation berbagi tips untuk menjaga kualitas tidur di tengah pandemi agar imunitas manusia tetap terjaga. Berikut ini selengkapnya.

1. Batasi paparan media

Penting untuk memperhatikan media yang dibaca. Pastikan hanya memeriksa berita melalui media kredibel atau situs web resmi pemerintah saja. Jangan terlalu memperhatikan gosip dan beberapa laporan media yang mungkin dibesar-besarkan atau menerka-nerka apa yang akan terjadi.

2. Luangkan waktu untuk bersantai

Luangkan waktu santai dengan menonton, mendengarkan atau membaca tentang hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan COVID-19. Ini sangat penting terutama sekitar 1 jam sebelum tidur, sehingga saat tidur dengan pikiran yang rileks.

3. Menjaga tubuh

Sebisa mungkin, jaga rutinitas normal sepanjang hari. Berolah raga, makan dengan teratur, jangan minum terlalu banyak alkohol, dan hindari kafein saat mendekati jam tidur. Pastikan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan tertawa sepanjang hari.

4. Terhubung dengan orang lain

Jika memiliki masalah khusus, cobalah untuk menghubungi orang terdekat sebelum tidur. Cukup berbicara dengan seseorang yang dipercaya tentang kekhawatiran yang dialami. Saran dari orang tepercaya mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah.

5. Jaga pikiran

Jika kekhawatiran masih ada di pikiran ketika bersiap untuk tidur, duduklah dengan tenang, pikirkan tentang apa masalahnya dan bagaimana mengatasinya besok.

6. Atur tempat tidur senyaman mungkin

Menciptakan lingkungan yang kondusif sesuai dengan mood sangat penting untuk menjaga kualitas tidur. Meredupkan cahaya atau menyetel musik yang tenang untuk menemani tidur adalah cara sederhana yang bisa dilakukan.

7. Pertahankan rutinitas tidur dan bangun secara teratur

Sebisa mungkin harus menjaga rutinitas tidur yang normal. Tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi adalah hal penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

8. Jangan terlalu kelelahan

Jika pada siang hari sangat lelah dan mengantuk, mungkin perlu minum kopi atau tidur siang agar tubuh "berfungsi" secara normal dan aman. Karena kondisi yang terlalu lelah akan mengganggu kualitas tidur pada malam hari.

9. Jangan dipaksakan

Jika kesusahan untuk tidur jangan dipaksakan. Lakukan aktivitas kecil seperti membaca buku, atau bikin diri rileks dan tenang, hingga akhirnya mengantuk dengan sendirinya.


----------------

Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight