Timnas U23 Gagal Raih Emas di SEA Games 2019 PSSI Tetap Apresiasi

Oleh: Iswara N Raditya - 13 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
PSSI mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia U23 di SEA Games 2019 kendati hanya membawa pulang medali perak.
tirto.id - Timnas Indonesia U23 gagal meraih medali emas cabang sepakbola putra di SEA Games 2019 setelah digasak Vietnam 0-3 di final. Kendati hanya membawa pulang medali perak, PSSI tetap memberikan apresiasi atas perjuangan Timnas U23 asuhan Indra Sjafri di Filipina.

PSSI mengadakan pertemuan dengan pemain, jajaran pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia U23 di Hotel Sultan, Jakarta, pada Kamis (12/12/2019) kemarin. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, hadir langsung didampingi dua wakil Ketua Umum, Iwan Budianto dan Cucu Somantri, serta Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

“Alhamdulillah semua pemain sehat, terkecuali Evan Dimas yang akan melakukan tindakan medis nantinya [akibat cedera di laga final]. Lalu kami tadi melakukan syukuran, kami memberikan ucapan terima kasih kepada tim yang telah masuk final dan memperoleh perak," kata Iwan Bule usai pertemuan, dikutip dari situs resmi PSSI.


Iwan Bule memberikan apresiasi atas perjuangan Evan Dimas dan kawan-kawan di SEA Games 2019 kendati belum bisa mempersembahkan medali emas. “Secara permainan mereka luar biasa. jadi saya selaku Ketum PSSI sangat berterimakasih kepada pemain, pelatih, manajer, ofisial, ada juga waketum dan lain-lain,” tuturnya.

“Saya juga ingatkan agar dilakukan evaluasi atas hasil kemarin. Yang terpenting saya lihat secara performa anak anak meningkat. Namun memang hasil dalam pertandingan ada yang menang dan kalah, itu wajar,” tambah Iwan Bule.

Mengenai Evan Dimas, gelandang Barito Putera ini mengalami cedera yang cukup parah saat pertandingan final SEA Games 2019 akibat ulah pemain Vietnam, Doan van Hau. Pelatih Indra Sjafri memutuskan menarik keluar Evan Dimas di pertengahan babak pertama dan digantikan oleh Syahrian Abimanyu.


Namun, hilangnya Evan Dimas dari lini tengah membuat pola permainan Timnas Indonesia U23 terganggu. Akibatnya, gawang tim Garuda Muda yang dikawal oleh Nadeo Argawinata harus kebobolan tiga kali. Timnas Indonesia U23 kalah 0-3 dari Vietnam dan hanya membawa pulang medali perak dari SEA Games 2019.

Setibanya di tanah air, Evan Dimas langsung dibawa ke Rumah Sakit Royal Progress di Jakarta Utara untuk menjalani pemeriksaan MRI engkel kaki kirinya. Mantan kapten Timnas Indonesia U19 ini diperkirakan harus menepi selama beberapa pekan dan baru merumput kembali setelah benar-benar sudah pulih dari cedera.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight