Timnas U19 Bakal Berlatih di Jepang, Korea, Italia, Hingga Jerman

Oleh: Addi M Idhom - 20 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Setelah berlatih di Thailand selama 12 hari, skuad Timnas U19 akan dikirim ke Jepang, Korea Selatan, Italia dan Jerman untuk menjalani persiapan jelang Piala Dunia U20.
tirto.id - PSSI berencana mengirim skuad Timnas U19 untuk menjalani pemusatan latihan di sejumlah negara, seperti Jepang, Korea Selatan, Italia hingga Jerman. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan latihan di beberapa negara tersebut akan dilakukan sebagai bagian dari persiapan Timnas U19 sebelum berlaga di Piala Dunia U20 pada 2021.

“Secara infrastruktur, negara-negara tersebut siap menerima timnas,” kata Iriawan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Senin (20/1/2020) seperti dilansir Antara.

Menurut Iriawan, PSSI berharap skuad timnas U19 siap secara mental dan fisik untuk bertanding di Piala Dunia U20 setelah merasakan atmosfer latihan dan pertandingan di negara-negara tersebut.

Dia menambahkan, skuad Timnas U19 bakal menjalani pemusatan latihan di Jepang pada Februari 2020. Latihan di Jepang dilaksanakan usai Timnas U19 menuntaskan latihan dan rangkaian laga persahabatan di Thailand yang akan berlangsung selama 20 Januari-1 Februari 2020.

“Dengan demikian, timnas U-19 akan mempersiapkan diri di negara ASEAN, Asia dan Eropa,” kata Iriawan.

Sebelumnya, dengan melibatkan tim yang dipimpin manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong, PSSI sudah menggelar seleksi perdana pemain Timnas U19 di Cikarang Timur, Jawa Barat, pada 13-17 Januari 2020. Seleksi itu memilih 28 pemain Timnas U19 yang dibawa ke Thailand untuk menjalani pemusatan latihan.

Iriawan melepas keberangkatan 28 pemain Timnas U19 ke Chiang Mai, Thailand pada hari ini. Timnas U19 berlatih di Thailand dengan ditemani tim kepelatihan yang terdiri atas Shin Tae-yong, Gong Oh-kyun, Kim Hae-woon, Lee Jae-hong dan Yoo Jae-hoon. Selain itu, Indra Sjafri, Nova Arianto, dan Sahari Gultom juga ikut dalam rombongan.


Daftar Nama 28 Pemain Timnas U19

Mengutip siaran resmi di laman PSSI, Iriawan menyatakan skuad Timnas U19 belum final karena masih akan ada seleksi dengan sistem promosi dan degradasi. Oleh karena itu, perombakan tim masih mungkin terjadi. Apalagi, masih ada sejumlah pemain potensial yang kini masih menjalani program latihan Garuda Select di Italia.

Adapun daftar nama 28 pemain Timnas U19 yang dikirim untuk menjalani pemusatan latihan selama 12 hari di Thailand dan menjalani sejumlah laga persahabatan di negara gajah putih adalah sebagai berikut:

1. Ahmad Rusadi
2. Serdy Ephy Fano Boky
3. Muhammad Kanu Helmiawan (Babel United)
4. Komang Tri Arta Wiguna (Bali United)
5. Irfan Jauhari (Bali United)
6. Mochamad Yudha Febrian (Barito Putera)
7. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (Barito Putera)
8. Hamsa Medari Lestaluhu (Bhayangkara Fc)
9. Arya Putra Gerryan Senyiur (Borneo Fc)
10. Komang Teguh Trisnanda (Diklat Ragunan)
11. Witan Sulaeman (PSIM)
12. Muhammad Fadhil Adhitya Aksah (Martapura Fc)
13. Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya)
14. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya)
15. Braif Fatari (Persija Jakarta)
16. Sutan Diego Armandoondriano Zico (Persija Jakarta)
17. Sandi Arta Samosir (Persija Jakarta)
18. Theo Fillo Da Costa Numberi (Persipura Jayapura)
19. Figo Sapta Fahrezi (PPLP DKI Jakarta)
20. Muhamad Darmawan (PPLP DKI Jakarta)
21. Kartika Vedhyanto Putra (PPLP Jateng)
22. Herberd Akhova Sokoy(PPLP Papua)
23. M. Rifaldo Lestaluhu (PS Tira Persikabo)
24. Alfeandra Dewangga Santosa (PSIS Semarang)
25. Pratama Arhan Alif Rifai (PSIS Semarang)
26. Muhammad Adisatryo (PSMS Medan)
27. Saddam Emiruddin Gaffar (PSS Sleman)
28. Irfan (As. Abadi)

Timnas U19 yang kini sedang dipersiapkan oleh PSSI merupakan skuad Indonesia yang bakal tampil di Piala Dunia U20 pada tahun 2021 mendatang. Kompetisi ini akan diikuti tim dari 24 negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Sebelum berlaga di Piala Dunia U20, Timnas U19 akan mengikuti dua kompetisi lainnya, yakni Piala AFF U19, dan Piala Asia U19 2020 di Uzbekistan.


Baca juga artikel terkait TIMNAS U-19 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight