Tim Paskibraka Indonesia Tangguh Kibarkan Bendera di Istana

Oleh: Andrian Pratama Taher - 17 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ardelia Muthia Zahwa, Paskibra dari Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa Bendera Merah Putih dalam upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi.
tirto.id - Presiden Joko Widodo memimpin langsung proses upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Jokowi hadir dengan mengenakan pakaian adat Lampung. Sementara itu, ibu negara Iriana Widodo mengenakan busana nasional dengan mengenakan songket.

Proses upacara kali ini menggunakan tim pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tahun 2021 dengan nama Tim Indonesia Tangguh. Anggota tim ini berasal dari perwakilan provinsi yang ada di Indonesia yang telah dikukuhkan oleh Jokowi pada Kamis, (12/8/2021) lalu.

Dari tim tersebut, Ardelia Muthia Zahwa, Paskibra dari Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa Bendera Merah Putih. Tiga lainnya dari kelompok 8 yang bertugas adalah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S., didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977, ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja, S.S.T.Han. Saat ini pria lulusan Akademi Militer tahun 2012 tersebut bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Jokowi Gunakan Baju Adat Lampung
Presiden Joko Widodo dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo tiba di Istana Merdeka. Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket. FOTO/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden


Beberapa pejabat hadir langsung dalam acara Upacara Detik-detik Proklamasi hari ini di Istana Merdeka selain Wakil Presiden Maruf Amin bersama ibu negara Wury MAruf Amin yakni Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan MAharani, Ketua DPD RI La NYalla Mahmud Mattaliti, Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Ketua MA Syariffudin, Ketua MK Anwar Usman dan Ketua KY Mukti Fajar.

Ketua DPR RI Puan Maharani bertugas sebagai pembaca Teks Proklamasi.

Bagi Puan, tugas membaca Teks Proklamasi yang 76 tahun lalu dibacakan Bung Karno memiliki makna tersendiri baginya sebagai cucu Sang Proklamator.

Dia mengaku bisa merasakan bagaimana suasana tidak menentu akibat Perang Dunia II saat Soekarno-Hatta memproklamirkan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

"Hari ini, suasana tidak menentu yang sama dirasakan dunia akibat ‘perang’ melawan COVID-19 dan varian Delta," ujarnya.


Baca juga artikel terkait DETIK-DETIK PROKLAMASI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto
DarkLight