Tiket Lion & Citilink Didiskon 50%, Tarif AirAsia Diminta Tak Naik

Oleh: Hendra Friana - 8 Juli 2019
Darmin meminta harga tiket pesawat AirAsia rute domestik yang sudah di bawah 50 persen dari TBA tidak dinaikkan.
tirto.id - Pemerintah memastikan harga tiket pesawat penerbangan murah (Low Cost Carrier) milik Citilink dan Lion Air Group untuk rute domestik akan turun sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) pada hari-hari tertentu.

Pemberlakuan diskon harga tiket itu akan dimulai pada 11 Juli 2019. Diskon ini berlaku setiap Selasa, Kamis dan Sabtu, pada pukul 10.00-14.00. Selain itu, harga diskon ini berlaku untuk 30 persen kursi pesawat LCC jenis jet.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution berharap pemberlakuan diskon harga tiket ini tidak mempengaruhi tarif penerbangan maskapai lain yang selama ini sudah lebih murah.

Oleh karena itu, Darmin meminta AirAsia untuk tidak mengubah tarifnya yang sudah murah. Ia tidak ingin AirAsia menaikkan tarif menjadi 50 persen dari TBA.

"Kita cuma bilang, 'you jangan mentokkan ke 50 persen loh. Karena you sudah di bawah itu'. Nanti jangan gara-gara ini, 'ah aku ambil 50 persen saja sekalian sekarang'. Kita sudah ingatkan itu. 'You harus sudah seperti yang sudah-sudah'," kata Darmin di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta pada Senin (8/7/2019).

AirAsia selama ini sudah memberlakukan harga tiket pesawat LCC rute domestik yang nilainya di bawah 50 persen dari TBA serta lebih murah dari Citilink maupun Lion Air.

"Dia memang flight-nya tidak sebanyak Citilink maupun Lion. Tapi dia itu sudah di bawah 50 persen [dari TBA]," ujar Darmin.

Sementara itu, Sekertaris Menko Perekonomian, Susiwijono, menjelaskan bahwa AirAsia sempat dilibatkan dalam beberapa kali rapat soal penurunan tarif tiket pesawat.

"AirAsia sudah kita undang di rapat teknis, namun karena kebijakan ini kan sebenarnya lebih untuk menurunkan penerbangan jadwal tertentu sampai 50 persen, itu yang terkena hanya Citilink dan Lion. Tapi AirAsia di rapat teknis kita libatkan," ucapnya.


Baca juga artikel terkait HARGA TIKET PESAWAT atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Addi M Idhom
DarkLight