Tiga Pemain Garuda Select Dapat Instruksi dari Pelatih Kiper Como

Oleh: Hendi Abdurahman - 14 Januari 2020
Tiga kiper Garuda Select mendapatkan instruksi langsung dari pelatih kiper Como jelang lawan Juventus U17, Kamis (16/1) mendatang.
tirto.id - Tiga kiper Garuda Select yakni Yogi Hermawan, Erlangga Setyo, dan Risky Sudirman mendapatkan kesempatan berharga jelang lawan Juventus U17, Kamis (16/1) mendatang. Pasalnya, ketiga kiper tersebut menerima metode latihan dari pelatih kiper Como, Cartago Alessandro.

Untuk diketahui, Cartago Alessandro merupakan pelatih kiper berpengalaman yang menghasilkan kiper-kiper hebat, di antaranya yakni kiper Italia medio 1980-an, Walter Zenga.

Latihan kecepatan reaksi menjadi menu yang diberikan Alessandro. Tak hanya itu, ia juga mengombinasikan dengan metode lain, yaitu menggunakan dua bola beda warna. Ketiga kiper Garuda Select dituntut untuk menghalau bola warna tertentu sesuai instruksinya.

“Amankan bola kuning ketika saya katakan demikian. Sebaliknya jika saya memberi komando untuk mengamankan bola satunya [bola putih]. Percepat reaksi kalian,” ucap Alessandro memberi instruksi.

Latihan tersebut dimaksudkan untuk melatih refleks dan konsentrasi. Kendati pada laga pertama melawan Torino, Garuda Select menang telak 0-3, tetapi tim pelatih ingin skuadnya tampil lebih baik.

Kiper tak hanya berperan sebagai penghalau serangan lawan melainkan juga berfungsi sebagai orang pertama yang mendistribusikan bola ketika menyerang. Penguasaan bola dan alur permainan kerap dimulai dari kiper, gelandang sampai penyerang.

Khusus posisi kiper, sebelumnya Garuda Selcet hanya diisi oleh dua penggawa saja. Namun, tim pelatih memanggil kiper tambahan yaitu Risky Sudirman. Pemain asal klub Persija ini merupakan pemain Garuda Select angkatan pertama.

“Senang sekali bisa kembali dipanggil ke skuad Garuda Select. Selama mengikuti program di angkatan pertama, saya sudah dapat banyak pelajaran mulai dari fisik, mental hingga pengalaman bertanding menghadapi tim-tim di Inggris,” ujar Risky beberapa waktu lalu.

Sesuai agenda, Garuda Select akan melakoni pertandingan kedua selama di Italia melawan Juventus, Kamis (16/1) di Juventus Training Center. Performa Kakang Rudianto dan kawan-kawan dapat disaksikan melalui Mola TV.


Baca juga artikel terkait GARUDA SELECT atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight