Tiga Dokter & Satu Perawat RSUP Sardjito Yogyakarta Positif Corona

Oleh: Irwan Syambudi - 20 April 2020
Tiga dokter diduga terinfeksi Corona saat perjalanan dari Jakarta.
tirto.id - Tiga dokter dan satu perawat di RSUP Sardjito Yogyakarta terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19.

"Sampai saat ini tim medis kita memang sudah ada yang terpapar," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Sardjito Banu Hermawan kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Banu mengatakan tiga dokter yang bertugas di RSUP Sardjito itu diduga tertular virus Corona saat ketiganya melakukan perjalanan ke Jakarta.

"Jadi belum ada paparan lokal untuk ketiga tim medis kita," ujar Banu.

Selain tiga dokter, ada pula satu perawat yang positif terinfeksi COVID-19. Perawatan tersebut juga diduga tertular saat melakukan perjalanan ke Jakarta.

"Perawat tenaga medis dari kami juga terpapar karena dia bersinggungan dari Jakarta," kata dia.

Dengan adanya tenaga medis yang terpapar virus Corona ini maka RSUP Sardjito semakin memperketat akses masuk rumah sakit. Setiap yang akan masuk terlebih dahulu dilakukan pemindahan suhu tubuh.

Menurut Banu, saat ini RSUP Sardjito sedang merawat 19 orang pasien kasus Corona, yang lima di antaranya positif Corona.

Banu mengatakan mobilisasi pasien kasus COVID-19 di RSUP Sardjito saat ini lebih lancar setelah adanya tes mandiri menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di laboratorium rumah sakit.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight