Tiga Desa di Pati Jawa Tengah Jadi Sasaran Penembakan Misterius

Oleh: Zakki Amali - 2 September 2019
Penembakan dengan senapan angin terjadi di Desa Agungmulyo dan Genengmulyo, Kecamatan Juwana dan Desa Tluwuk, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati. Tak ada korban jiwa.
tirto.id - Penembakan misterius terjadi pada tiga desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (2/9/2019). Polisi masih mengejar pelaku.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, penembakan terjadi di Desa Agungmulyo dan Genengmulyo, Kecamatan Juwana dan Desa Tluwuk, Kecamatan Wedarijaksa.

Di Kecamatan Juwana, pelaku melepaskan tembakan di kantor Desa Agungmulyo. Selain itu, ada tiga empat mobil di sana yang jadi sasaran tembak. Sedangkan di Desa Genengmulyo ada tiga mobil dan satu rumah yang terkena tembakan. Kemudian, di Desa Tluwuk, pelaku menempak 1 mobil.

Kapolres Pati, AKBP Jon Wesly mengatakan, tengah memburu pelaku. Menurut dia, pelaku menggunakan senapan angin. Ia membantah peristiwa ini merupakan kategori teror.

"Ini bukan teror, tapi pengrusakan. Anggota kami masih di lapangan. Kita coba ungkap," kata dia kepada Tirto lewat telepon, Senin (2/9/2019).

Jon memastikan dalam peristiwa ini tak ada korban jiwa. Ia berjanji akan secepatnya mengungkap kasus ini. Ia meminta masyarakat tetap tenang setelah peristiwa ini.

Kepala Desa Genengmulyo, Pandora mengatakan, peristiwa ini diduga terjadi saat warga di sana tengah tidur. Pada pukul 02.00 WIB, kata dia, ada warga di desanya yang melihat tiga orang mengendarai sepeda motor. Belum diketahui kaitan tiga orang ini dengan penembakan.

Sebelumnya, di Pati juga terjadi penganiayaan terhadap petugas kepolisian, Selasa (27/8/2019).
Seorang warga yang diduga mengidap gangguan jiwa membacok anggota Polsek Tlogowungu, Pati, yang tengah berjaga. Polisi memastikan pembacokan ini bukan teror.

Anggota Polsek Tlogowungu, Aiptu Kosrin sempat dirawat di rumah sakit karena luka akibat bacokan ini. Sedangkan pelaku, Moh Purwadi diperiksa kondisi kejiwaannya di rumah sakit jiwa setempat.



Baca juga artikel terkait KASUS PENEMBAKAN atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Zakki Amali
Penulis: Zakki Amali
Editor: Maya Saputri
DarkLight