Tidak Akan Ada Wakil Asia Tenggara pada Piala Dunia U-20 2019

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 28 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Timnas U-19 Indonesia dan Thailand, dua negara yang sebelumnya masih punya kemungkinan tampil di Piala Dunia U-20 gagal menang di laga penentuan, Minggu (28/10/2018)
tirto.id - Piala Dunia U-20 2019 di Polandia dipastikan tak akan diikuti oleh satu pun wakil dari Asia Tenggara. Kepastian ini terjadi lantaran dua tim tersisa asal Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand gagal menuju semifinal Piala AFC U-19 2018. Sebagaimana regulasi yang ditetapkan, hanya empat tim yang lolos ke semifinal Piala AFC U-19 pula yang berhak mewakili Asia di ajang tersebut.

Indonesia dan Thailand sama-sama gagal setelah Tim U-19 masing-masing menelan kekalahan pada perempat final Piala AFC U-19 2018 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10/2018). Thailand tunduk dari Qatar, sementara Indonesia dikalahkan juara bertahan Jepang.

Laga Qatar vs Thailand berlangsung lebih dulu. Skor 7-3 menutup duel yang harus berlangsung hingga babak perpanjangan waktu ini. Kedua tim sempat bermain sama kuat 3-3 sebelum Qatar mengamuk dan mencetak empat gol sekaligus pada perpanjangan waktu.

Pada waktu normal, gol Qatar dicetak Hashim Ali Abdullatif, Nasser Al Yazidi, serta Ahmed Suhail. Sementara itu trigol Thailand lahir lewat aksi Korawich Tasa, Sakulchai Seangtaepoo, dan bunuh diri Ahmed Suhail.

Di masa extra time Qatar akhirnya mampu menyegel kemenangan lewat empat gol tambahan. Masing-masing gol tersebut dicetak Khaled Waleed, Yousef Aymen Hafez, dan brace Abdulrasheed Umaru.


Sementara itu, duel yang mempertemukan Timnas U-19 Indonesia vs Jepang berakhir dengan skor 0-2. Dua gol keunggulan Jepang atas tuan rumah masing-masing dicetak Higashi Sunki dan Taisei Miyashiro.


Berbanding sebaliknya dengan nasib Indonesia dan Thailand, Jepang dan Qatar memastikan diri bakal tampil di ajang Piala Dunia U-20 2018. Adapun dua tiket lain untuk berpartisipasi di ajang tersebut akan diperebutkan pada Senin (29/10/2018).

Tiket ketiga bakal diperebutkan Korea Selatan vs Tajikistan dalam laga yang dihelat pukul 16.00 WIB. Menyusul kemudian, pukul 19.30 WIB akan berlangsung perebutan tiket terakhir antara Arab Saudi vs Australia.

Sebelumnya, selain Indonesia dan Thailand, dua wakil Asia Tenggara lain, Vietnam dan Malaysia sudah lebih dulu tersingkir dari Piala AFC U-19 2018. Vietnam angkat koper karena hanya finis di urutan keempat pada Grup C. Nasib serupa dialami Malaysia yang jadi juru kunci Grup D.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan