Liga 1 2020

Tiba di Persija, Marco Motta Eks Juventus Kenang Stadion GBK

Oleh: Iswara N Raditya - 3 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Marco Motta sudah tiba di Jakarta untuk bergabung dengan Persija yang akan mengarungi kompetisi Liga 1 2020.
tirto.id - Marco Motta sudah tiba di Jakarta untuk bergabung dengan Persija yang akan mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Mantan pemain Juventus dan AS Roma ini mengaku langsung terkenang Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) saat tim Macan Kemayoran menghubunginya.

Bek asal Italia ini memang pernah merumput di stadion kebanggaan masyarakat tanah air tersebut saat masih memperkuat Juventus menghadapi para pemain terbaik di kompetisi Indonesia kala itu yang tergabung dalam ISL All Stars pada 2014 silam dalam pertandingan persahabatan.

Saat itu, Marco Motta masuk pada babak kedua menggantikan Martin Caceres. La Vecchia Signora pun meraih kemenangan besar atas ISL All Stars di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan skor mencolok 1-8.

“Ketika klub [Persija] menghubungi saya pada awal Januari 2020, saya langsung teringat stadion di mana saya bermain melawan tim ISL All Star tahun 2014,” ungkap Motta dalam acara pengenalan dirinya sebagai pemain baru tim Macan Kemayoran di Kantor Persija, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Pemain berusia 33 tahun ini pun antusias bergabung dengan Persija mengingat tim Macan Kemayoran punya pendukung yang amat besar yakni The Jakmania.

“Persija itu salah satu tim terbesar di Indonesia dengan salah satu kelompok suporter terbesar di dunia. Saya tentu saja mau merasakan pengalaman itu dan saya katakan ‘ya’ untuk tawaran Persija,” ujarnya.


Profil Marco Motta

Marco Motta adalah pemain didikan Atalanta dan sempat memperkuat klub asal Bergamo itu selama semusim pada 2004/2005 sebelum hengkang ke Udinese. Membela Udinese hingga 2009, ia sempat dipinjamkan semusim ke Torino.

Musim 2009/2010, Marco Motta direkrut AS Roma dan tampil dalam 29 pertandingan di Serie A bersama Giallorossi. Musim berikutnya ia hijrah ke Juventus kendati sulit mendapatkan posisi reguler di skuad utama.

Berstatus sebagai pemain Juventus, Marco Motta sempat dipinjamkan ke beberapa klub Italia lainnya, seperti Catania, Bologna, dan Genoa. Tahun 2015, ia bergabung dengan Watford di Liga Inggris, kemudian lanjut ke Charlton Atletic.

Marco Motta sempat bermain di Liga Spanyol bersama Almeria pada musim 2017/2018. Klub terakhir yang dibelanya adalah Omonia yang berlaga di Liga Siprus sebelum akhirnya resmi memulai petualangan baru di Asia, tepatnya Indonesia, bersama Persija Jakarta.

Persija sendiri cukup aktif jelang Liga 1 2020. Tim Macan Kemayoran telah resmi menggaet beberapa amunisi baru termasuk Otavio Dutra, Alfath Faathier, Rafli Mursalim, dan Evan Dimas Darmono, juga bakal dibesut pelatih baru, Sergio Farias.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight