Thoriq Alkatiri Raih Penghargaan Wasit Terbaik Liga 1 2018

Oleh: Hendi Abdurahman - 21 Desember 2018
Thoriq Alkatiri meraih penghargaan wasit terbaik Liga 1 2018 yang diberikan PT. LIB pada Jumat (21/12/2018.
tirto.id - Thoriq Munir Alkatiri mendapatkan penghargaan sebagai wasit terbaik Gojek Liga 1 2018 dari PSSI. Pria asal Purwakarta itu dipilih berdasarkan lima kriteria yakni leadership, appearance, performance, communication, dan handicap atau gengsi dari sebuah pertandingan.

“Alhamdulillah. Penghargaan ini menjadi motivasi saya untuk selalu menjaga performa. Ini juga menjadi sebuah kebanggaan sekaligus beban untuk saya,” tutur Thoriq seperti dikutip situs resmi Liga 1.

Thoriq menjadi salah satu wasit Indonesia yang telah memiliki lisensi FIFA sejak 2014. Ia juga kerap memimpin laga bergengsi di kancah Asia, salah satunya yakni pertandingan Liga Champions Asia 2018 antara Shanghai SIPG melawan Melbourne Victory Februari silam.

Sementara pada musim ini di Liga 1 2018, Thoriq telah memimpin 16 laga dan dua kali bertugas sebagai fourth official. Dalam 16 kali memimpin itu, ia mengeluarkan 59 kartu kuning dan tiga kartu merah.

“Saya bersyukur mendapatkan dukungan penuh dari keluarga dan rekan-rekan, karena menjadi wasit adalah pekerjaan utama saya,” tambahnya.

Pengharagaan yang diraihnya tahun ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, ia telah meraih penghargaan sebagai wasit terbaik pada 2014 dan dua turnamen pramusim pada 2015 dan 2016.

Penghargaan sendiri dberikan oleh Chief Operating Officer PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigorshalom Boboy di kantor PT LIB pada Jumat (21/12/2018). Tigor pun berharap agar penghargaan yang diterima Thoriq dapat memotivasi wasit-wasit di Indonesia untuk melakukan tugasnya sebaik mungkin.

“Wasit salah satu elemen penting dalam suatu pertandingan, jadi kita juga harus memberikan respek kepada mereka. Mudah-mudahan ke depan ada peningkatan kualitas, bukan hanya Thoriq akan tetapi juga untuk wasit-wasit yang lain,” beber Tigor.

Selain Thoriq, Indonesia juga mempunyai beberapa wasit yang telah mengantongi lisensi FIFA. Mereka di antaranya adalah Oki Dwi Putra, Yudi Nurcahya, Dwi Purba dan Mustopha Umarella.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman