The Weeknd Paling Banyak Dinominasikan Billboard Music Awards 2021

Oleh: Alexander Haryanto - 30 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
The Weeknd mendapat 16 nominasi dalam ajang Billboard Music Awards (BMA) 2021.
tirto.id - Dalam ajang Billboard Music Awards (BMA) 2021, The Weeknd menjadi artis yang masuk dalam nominasi terbanyak dengan total 16 termasuk Top Artist, Top Male Artist dan Top Hot 100 artist.

Seperti dilansir Antara, 30 April 2021, penyanyi kedua yang paling banyak dinominasikan adalah DaBaby dengan sembilan nominasi di antaranya Top Streaming Song and Top Collaboration. Selain itu, Gabby Barrett adalah artis wanita dengan jumlah nominasi terbanyak yakni sembilan kategori.

Sesuai rencana, Billboard Music Awards (BMA) 2021 akan ditayangkan secara langsung lewat televisi NBC pada 23 Mei mendatang pukul 20.00 waktu Amerika Serikat atau 24 Mei 2021 pukul 07.00 WIB.

Sebelumnya, The Weeknd sempat memboikot ajang penghargaan musik Grammy Awards untuk ke depannya. Dia menuding Recording Academy kurang transparasi dalam memilih nominasi.

The Weeknd tidak masuk dalam dalam nominasi Grammy tahun ini. Melalui sebuah pernyataan kepada The New York Times sebagaimana dilansir ew.com, The Weeknd mengatakan: "Karena komite rahasia, saya tidak akan lagi mengizinkan label saya untuk mengirimkan musik saya ke Grammy."

Ia menuding adanya "komite rahasia", yakni proses nominasi Grammy yang rumit dan tidak jelas karena melibatkan komite anonim untuk meninjau nominasi yang dipilih oleh keanggotaan Akademi Rekaman.

The Weeknd sebelumnya mengecam Grammy pada November 2020 lalu, tepat di saat setelah nominasi tahun ini diumumkan. "The Grammy tetap korup," tulisnya di Twitter saat itu. "Anda berhutang kepada saya, penggemar saya, dan transparansi industri."

Ketua Recording Academy Harvey Mason Jr menyatakan, "Kami memahami bahwa The Weeknd kecewa karena tidak dinominasikan," kata Mason dalam sebuah pernyataan kepada EW saat itu.

"Saya terkejut dan dapat berempati dengan apa yang dia rasakan. Musiknya tahun ini sangat bagus, dan kontribusinya kepada komunitas musik dan dunia yang lebih luas layak untuk dikagumi semua orang."

Recording Academy telah mengambil beberapa langkah pada tahun lalu untuk mendiversifikasi keanggotaannya, mengundang lebih dari 2.000 anggota baru pada bulan Juli dan menerapkan banyak rekomendasi untuk membantu representasi yang lebih baik. "Perubahannya sangat transformatif," kata Mason kepada The New York Times.


Baca juga artikel terkait THE WEEKND atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight