The Simpsons Jadi Mata Kuliah Filsafat di Skotlandia

Oleh: Mutaya Saroh - 17 November 2016
Dibaca Normal 1 menit
Universitas Glasgow di Skotlandia meluncurkan mata kuliah umum yang dinamakan D’oh! The Simpsons Introduce Philosophy (D’oh! The Simpsons Perkenalkan Filsafat).
tirto.id - Serial kartun The Simpsons ternyata tidak hanya menceritakan kebodohan keluarga Homer Simpsons, tetapi juga sarat akan nilai-nilai filosofis. Universitas Glasgow di Skotlandia bahkan meluncurkan mata kuliah umum yang dinamakan D’oh! The Simpsons Introduce Philosophy (D’oh! The Simpsons Perkenalkan Filsafat).

Merujuk situs The Guardian, kartun menjadi media yang ideal bagi pembelajaran filsafat yang berkaitan dengan dunia nyata pada tingkatan abstraksi. Dalam hal ini, filsafat selalu menggambarkan dunia yang mirip dengan kartun. Begitu pula dengan The Simpsons. Selama hampir dua dekade, intelektual dan filsuf telah memuji karya brilian dari Matt Groening tersebut.

John Donaldson, dosen filsafat yang akan mengajarkan mata kuliah baru itu menjelaskan, The Simpsons penuh dengan tema filosofis.

“Mata kuliah ini diperuntukkan bagi publik yang tertarik dengan filsafat,” ujar Donaldson.

Menurut Donaldson, mata kuliahnya akan membahas tema popular dalam filsafat yang terdapat dalam sejumlah episode di serial The Simpsons.

“Kami akan mempelajari teori-teori klasik dari Aristoteles sebagai karakter yang berbudi luhur dan membandingkannya dengan Homer Simpsons,” kata Donaldson seraya berpendapat bahwa karakter Homer Simpsons sangat kompleks.

“Dia rakus, bisa sangat kejam dan hanya mementingkan diri sendiri. Tapi pada saat yang sama, dia memiliki sukacita dalam hidup, terbuka untuk hal baru dan peduli dengan keluarganya. Homer adalah karakter yang sulit untuk tidak disukai,” lanjut dosen yang juga penggemar The Simpsons itu.

Donaldson juga menyebut The Simpsons sebagai serial yang mendorong khalayak untuk berkaca pada diri sendiri.

“Kartun The Simpsons merupakan karya seni yang hebat. Banyak hal yang terjadi di dalamnya,”

Mata kuliah Perkenalan Filsafat ala The Simpsons akan diadakan sebanyak 5 pertemuan, yakni pada 14 dan 21 Januari, 4, 11 serta 18 Februari 2017 mendatang. Tiap sesi dikenakan biaya mata kuliah sebesar 30 pound sterling. Untuk kelas 14 Januari sendiri sudah terisi penuh.

Sebagai informasi, The Simpsons merupakan serial kartun dari Amerika Serikat yang pertama kali disiarkan pada 1989. The Simpsons menjadi serial kartun sitcom terpanjang di dunia dengan jumlah 28 season dan 603 episode.

Baca juga artikel terkait THE SIMPSONS atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh