The Marksman Geser Wonder Woman 1984 di Puncak Box Office Amerika

Oleh: Dede Mudopar - 18 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Film The Marksman berhasil menggeser Wonder Woman 1984 di puncak box office Amerika Serikat.
tirto.id - Film The Marksman berhasil menduduki box office Amerika Serikat pekan ini, Minggu (17/1/2021) menyingkirkan Wonder Woman 1984 dari posisi puncak yang sudah berkuasa selama tiga minggu berturut-turut.

Wonder Woman 1984 turun ke posisi kedua disusul oleh The Croods: A New Age yang berada di posisi ketiga. Sementara posisi keempat diisi oleh film Tom Hanks, News of the World dan Monster Hunter berada di posisi kelima.

Film The Marksman yang dibintangi oleh Liam Neeson itu berhasil meraup 3,2 juta dolar AS dari penjualan sejak film ini diluncurkan ke bioskop-bioskop pada 21 Januari 2021.

Sebagaimana dilansir dari Variety, film aksi thriller yang disutradarai oleh Robert Lorenz ini bercerita tentang seorang peternak bernama Jim (Liam Neeson) yang merupakan pensiunan Marinir yang tinggal di Arizona. Dia membantu seorang bocah lelaki melarikan diri dari kartel narkoba Meksiko.

The Marksman tayang perdana di 1.975 lokasi dan meraup 3,7 juta dolar AS setelah melalui liburan Martin Luther King pada hari Senin.

Open Road, distributor di balik The Marksman, merupakan distributor film Neeson sebelumnya, Honest Thief, yang berhasil meraup pendapatan lebih tinggi pada pekan pertamanya pada Oktober tahun lalu yaitu 4,1 juta dolar AS dan mengumpulkan pendapatan sebesar 28 juta dolar AS dari pemutarannya secara global.

Pihak Open Road menyampaikan bahwa selalu ada peluang dalam perfilman meskipun keadaan yang serba tertekan akibat banyak bioskop yang tutup akibat pandemi Covid-19.

“Sebuah kebenaran universal bahwa bahkan di pasar yang tertekan pun ada peluang. Dan ada banyak orang yang ingin pergi ke bioskop. Tidak semua orang ingin pergi ke bioskop, dan bioskop tidak buka di mana-mana. Tetapi ada banyak orang yang mencari hiburan berbasis luas, seperti biasanya,” ujar Tom Ortenberg, bos Open Road dikutip dari Deadline.

The Marksman bergabung dengan perusahaan Honest Thief dan The War With Grandpa yang dibintangi Robert De Niro sebagai salah satu pemuncak box office dengan pendapatan terendah dalam sejarah modern.

Hal ini karena kenyataan suram yang dihadapi bioskop di tengah COVID terbaru negara itu karena secara keseluruhan, sekitar 65% bioskop AS tetap ditutup karena pandemi.

Selain dibintangi oleh Liam Neeson, The Marksman juga menghadirkan Katheryn Winnick, Alex Knight dan Teresa Ruiz. Untuk naskah sendiri film ini ditulis oleh Chris Charles dan Danny Kravitz.

Dikutip dari Vulture dalam The Marksman, Liam Neeson tampil melankolis seperti peran Clint Eastwood dalam film-filmnya seperti Unforgiven.

Hal ini mengingat sang sutradara, Robert Lorenz, merupakan asisten sutradara dan produser untuk Eastwood dan dia juga menyutradarai Trouble With the Curve yang dibintangi oleh Eastwood.


Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Yantina Debora
DarkLight