Netflix

The Great Hack, Dokumenter Soal Cambridge Analytica Rilis Hari Ini

Oleh: Sirojul Khafid - 24 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film dokumentar Netflix berjudul The Great Hack rilis 24 Juli 2019.
tirto.id - The Great Hack, film dokumenter tentang pencurian data di jagad maya, rilis di Netflix hari ini, Rabu (24/7/2019).

“Siapa yang pernah melihat iklan yang meyakinkanmu bahwa mikrofonmu mendengarkan percakapanmu?”

Era digital membuat kita akrab dengan hal seperti media sosial, kartu kredit, penelusuran internet dan lainnya. Pengunaannya pun beragam, mulai dari hanya bersenang-senang, berbisnis sampai misi yang lebih besar, misal kampanye.

Tapi sadarkah kita, bahwa setiap interaksi di dunia maya, gesekan transaksi kartu kredit, penelusuran website, lokasi, tombol likes, bisa dikumpulkan dan dianalisis secara real time?

The Great Hack bercerita soal skandal perusahaan Cambridge Analytica yang diduga berperan besar dalam kampanye presiden Donald Trump di Amerika Serikat dan Brexit di Inggris.

Cambridge Analytica mengklaim memiliki lima ribu data untuk setiap pemilih di Amerika. Melansir Politico, pihak yang pertama kali membongkar kasus Cambridge Analytica yaitu The New York Time dan The Observer.


Dalam laporan kedua media tersebut mengatakan bahwa Cambridge Analytica telah menyedot sekitar 50 juta akun Facebook pemilih Amerika secara ilegal pada 2014.

Seperti diwartakan Time, awalnya Cambridge Analytica meminta informasi pengguna Facebook untuk kebutuhan penelitian akademik. Salah satu cara kerja pemanfaatan informasi Facebook dengan menganalisis nama, lokasi, jenis kelamin dan hal-hal yang “di sukai” pengguna. Dari data itu, mereka bisa mengeksploitasi “kerentanan mental orang” dengan pesan politik yang ditargetkan.

Skandal Cambridge Analytica ini kemudian menyeret Facebook ke dalam pusaran masalah. Tuduhan utamanya bahwa Facebook tidak bisa menjaga kerahasiaan data pengguna mereka. Atas kasus ini, bos Facebook, Mark Zuckerberg dipanggil ke kongres Amerika untuk menjelaskan perkara ini.

Perusahaan-perusahaan yang mempunyai data pengguna memang menjadi perusahaan bernilai tinggi, bahkan melebihi perusahaan minyak. “Mereka mengambil datamu, kemudian mengontrolmu.”

Film dokumenter yang juga pernah tayang di Sundance Film Festival ini merupakan karya sutradara Jehane Noujaim dan Karim Amer. The Great Hack berdurasi 113 menit dan berada dalam naungan studio Netflix.


Baca juga artikel terkait FILM DOKUMENTER atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight