The Falcon and The Winter Soldier Episode 1: Sinopsis & Tema Cerita

Oleh: Dewi Rukmini - 23 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
The Falcon and The Winter Soldier episode 1 telah tayang pada 19 Maret 2021 lalu dan menampilkan sosok Captain America yang baru.
tirto.id - Marvel baru saja merilis serial The Falcon and The Winter Soldier episode pertama pada 19 Maret 2021 di platform Disney Plus. The Falcon and The Winter Soldier menjadi serial Marvel kedua di platform tersebut setelah WandaVision yang telah rampung pertengahan Maret lalu.

Serial yang disutradarai oleh Kari Skogland ini akan ditayangkan dalam 6 episode. Dibintangi oleh Anthony Mackie dan Sebastian Stan, serial ini menghabiskan dana sekitar 25 juta dolar AS untuk produksi per episodenya.

Sama seperti WandaVision, serial The Falcon and The Winter Soldier juga mengambil latar waktu setelah Avengers: End Game.

Serial ini sangat diantisipasi para fans Marvel karena menjadi comeback laga duo pahlawan super yang mempunyai hubungan dekat dengan Captain Amerika, Steve Rogers (Chris Evan).

Seperti yang diketahui dalam film Avengers: End Game, Steve Rogers memutuskan untuk pensiun menjadi Captain Amerika demi meminang Peggy Carter (Hayley Atwell) dan membangun rumah tangga impiannya.

Peristiwa itu terjadi usai Steve melakukan perjalanan ke masa lalu untuk mengumpulkan infinity stone guna menyelamatkan korban musnah akibat jentikan jari Thanos.

Kemudian pada tahun 2023, Steve kembali bertemu dengan Avengers sebagai kakek-kakek dan mewariskan perisai andalannya kepada Sam Wilson alias Falcon (Anthony Mackie).

Dari titik itulah kisah The Falcon and The Winter Soldier bermula. Falcon yang telah lama berjuang bersama Steve Rogers sejak era Captain America: The Winter Soldier (2014), merasa ragu dan tak pantas untuk menggantikan peran sang Captain. Oleh karena itu, ia menyerahkan perisai tersebut kepada pemerintah AS.

Sedangkan Bucky Barnes (Sebastian Stan), sahabat Steve Rogers, setelah Avengers: End Game diceritakan mengidap trauma karena rasa bersalahnya saat menjadi anggota HYDRA di masa lalu. Dalam episode pertama seri ini, terlihat Bucky menebus rasa bersalah dengan membantu keluarga salah satu korbannya.

Serial The Falcon and The Winter Soldier akan menghadirkan kisah Sam Wilson dan Bucky Barnes. Hal ini akan membawa penggemar untuk lebih mengenal sosok pahlawan Marvel tersebut.

Kedua superhero yang memiliki sifat berkebalikan ini, nantinya harus bekerja sama melawan villan Flag Smasher yang dipimpin Karli Morgenthau (Erin Kellyman) dan Baron Zemo (Daniel Bruhl).

Flag Smasher adalah kelompok anti patriotisme yang beranggapan dunia lebih baik saat terjadi “Blip” (time heist). Sedangkan Baron Zemo adalah orang yang berhasil memecah belah Avenger menjadi dua kubu dalam film The Avengers: Civil War.

Pada bagian permulaan, The Falcon and The Winter Soldier episode 1 langsung menghadirkan aksi Falcon melesat di udara untuk menyelamatkan sandera sembari menghindari rangkaian serangan rudal yang memburunya.

Tayangan menghentak itu hanya awal dari drama ala superhero Marvel yang kemudian disuguhkan kepada penonton.

Sementara pada bagian akhir episode 1, muncul sosok Captain America baru yang diperkenalkan oleh pemerintah AS. Sosok pengganti Steve Rogers itu ialah John Walker (Wyatt Russell), seorang anggota elite militer AS.


Baca juga artikel terkait THE FALCON AND THE WINTER SOLDIER atau tulisan menarik lainnya Dewi Rukmini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dewi Rukmini
Penulis: Dewi Rukmini
Editor: Addi M Idhom
DarkLight