The Divergent Series Insurgent: Sinopsis, Pemain, dan Jadwal Tayang

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 29 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis The Divergent Series: Insurgent yang tayang malam ini di Trans TV, pukul 21.30 WIB.
tirto.id - Film The Divergent Series: Insurgent akan kembali ditayangkan dalam program Bioskop Trans TV, Senin (29/6/2020) malam, pukul 21.30 WIB.

Insurgent adalah film bergenre fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2015 yang dibuat berdasarkan novel dengan judul sama karya Veronica Roth.

Film ini merupakan besutan dari sutradara Robert Schwentke serta penulisnya Akiva Goldsman, Brian Duffield, dan Mark Bomback yang ditayangkan perdana pada 11 Maret 2015.

Berdasarkan catatan Box Office Mojo, pendapatan film berdurasi 119 menit ini lebih dari 297 juta dolar Amerika Serikat (AS), 56 persen di antaranya berasal dari penayangan secara internasional. Sementara dana produksi film yang berada di bawah distribusi Lionsgate ini adalah 110 juta dolar AS.

Di situs Rotten Tomatoes film ini mendapat skor 28 persen dan penonton memberi skor 58 persen, sedangkan Situs IMDb memberi skor 6,2/10 dari 211.324 penilai.

Hingga saat ini, film ini sudah memiliki tiga seri, yaitu Divergent (2014), The Divergent Series: Insurgent (2015) dan The Divergent Series: Allegiant (2016).

Berikut ini daftar pemain yang terlibat di film The Divergent Series: Insurgent

  • Shailene Woodley sebagai Beatrice "Tris" Prior
  • Theo James sebagai Tobias "Four" Eaton
  • Kate Winslet sebagai Jeanine Matthews
  • Miles Teller sebagai Peter Hayes
  • Ansel Elgort sebagai Caleb Prior
  • Jai Courtney sebagai Eric Coulter
  • Octavia Spencer sebagai Johanna Reyes
  • Ray Stevenson sebagai Marcus Eaton
  • Zoë Kravitz sebagai Christina
  • Maggie Q sebagai Tori Wu
  • Mekhi Phifer sebagai Dauntless Max
  • Janet McTeer sebagai Edith Prior
  • Daniel Dae Kim sebagai Jack Kang
  • Naomi Watts sebagai Evelyn Johnson-Eaton
  • Emjay Anthony sebagai Hector
  • Keiynan Lonsdale sebagai Uriah Pedrad
  • Rosa Salazar sebagai Lynn
  • Waterhouse Suki sebagai Marlene
  • Jonny Weston sebagai Edgar
  • Tony Goldwyn sebagai Andrew Prior


Sinopsis The Divergent Series: Insurgent


Lima hari setelah serangan terhadap fraksi Abnegasi oleh pemimpin terpelajar Jeanine dan prajurit Dauntless yang mengendalikan pikirannya, Jeanine telah mengumumkan darurat militer dan bahwa Divergents beserta mereka yang bersekutu adalah musuh.

Di antara puing-puing Abnegasi, pemimpin Dauntless Max dan Eric menemukan sebuah kotak dengan kelima simbol faksi di sisinya.

Jeanine menganggap kotak itu berisi data dari pendiri kota dan sarana untuk mengakhiri masalah Divergence. Karena hanya Divergent yang mampu membuka kotak, ia memerintahkan penangkapan semua Divergent.

Divergent Tris yang berusia 17 tahun, pacarnya Divergent Four, saudaranya yang terpelajar Caleb, dan pengacau Dauntless Peter bersembunyi di dalam kompleks Amity.

Eric memimpin kru Dauntless untuk menguji semua penghuni Divergence. Peter menyerahkan lokasi kelompok ketika yang lain melarikan diri dan naik kereta menuju wilayah yang tidak beraksi.

Four mengungkapkan kepada Factionless bahwa nama aslinya adalah Tobias Eaton, putra pemimpin Factionless Evelyn, yang Four masih benci untuk meninggalkannya dengan ayahnya yang kejam, Marcus.

Di tempat persembunyian Factionless, Evelyn menyarankan aliansi Dauntless dan Factionless terhadap Erudite, tetapi Four menolak.

Keesokan paginya, cuti ketiga diberikan untuk Candor, untuk bertemu dengan Dauntless yang tersisa yang diberi perlindungan di sana, termasuk Tori dan sahabat Tris, Christina.

Selama perjalanan, Caleb yang putus asa berpisah dari kelompok. Setibanya di sana, Tris dan Four ditangkap dan dibawa ke hadapan pemimpin Candor Jack Kang, yang berniat mengantarkan mereka ke Jeanine.

Namun, Four memohon untuk diadili dengan menggunakan serum kebenaran Candor. Serum itu mengungkapkan peristiwa nyata dan mereka terbebaskan, tetapi Tris sambil menangis mengakui membunuh kekasih Will Christina dan memprovokasi kemarahannya.

Candor diserang oleh Dauntless yang memihak Jeanine, dan banyak yang ditembak dengan cakram logam.

Tris ditangkap oleh Max dan Eric yang mengetahui bahwa ia memiliki pembacaan 100% Divergen, menjadikannya subjek yang sempurna untuk membuka kotak.

Four muncul untuk menyelamatkan Tris, lalu mengeksekusi Eric atas kejahatannya.

Sementara itu, Jeanine, frustrasi karena tidak ada subjek Divergent yang selamat dari simulasi yang diperlukan untuk membuka kotak, didekati oleh Peter, yang menyarankan cara terbaik untuk sampai ke Tris adalah dengan mengeksploitasi pendidikan Abnegasi tanpa pamrihnya.

Kembali ke markas Tanpa Faksi, Four enggan setuju dengan Evelyn bahwa perang tidak terhindarkan.

Jeanine mengaktifkan disk, perangkat pengontrol pikiran yang menyebabkan Christina dan teman-temannya Marlene dan Hector berjalan secara robotik menuju langkan sambil meminta penyerahan diri Tris.

Tris dan Tori berhasil meraih Christina dan Hector tepat waktu, tetapi Marlene meninggal. Diatasi oleh rasa bersalah, Tris memutuskan untuk menyerahkan diri pada Jeanine.



--------

Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Film)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight