The 1975 Membatalkan Tur Sepanjang 2021 Akibat Pandemi Corona

Oleh: Dede Mudopar - 13 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tur The 1975 sepanjang 2021 akhirnya batal. Semula dijadwalkan pada Februari-September berlangsung di Eropa hingga Amerika.
tirto.id - Grup musik rok asal Inggris, The 1975, membatalkan tur konsernya yang rencananya akan digelar tahun 2021. Pembatalan tersebut akibat pandemi COVID-19 yang masih melanda negara-negara di dunia.

Pembatalan tur konser The 1975 diumumkan melalui sebuah unggahan di akun Twitter mereka, @the1975.

"Kami sangat menyesal mengumumkan bahwa kami telah membuat keputusan untuk membatalkan semua tur yang dijadwalkan untuk 2021," twit akun @the1975 pada 12 Januari 2021.

"Ini adalah saat-saat yang sangat sulit bagi banyak orang, dan sampai kami yakin bahwa kami akan dapat memainkan pertunjukan dengan cara yang aman bagi para penggemar dan kru kami, kami telah memutuskan tindakan terbaik adalah dengan membatalkan acara kami melakukan tur sehingga, jika memungkinkan, semua orang bisa mendapatkan pengembalian uang tiket mereka lebih cepat daripada nanti," sambung akun itu.

Dalam pernyataannya, The 1975 mereka juga mengabarkan bahwa mereka sedang menggarap album baru. Sang vokalis, Matty Healy, mengatakan bahwa dia telah berkolaborasi dengan rekan satu label, Beabadoobee dan Charli XCX, sebagaimana dilansir BBC.

Grup musik yang digawangi oleh Matthew Healy (vokal, gitar), Adam Hann (vokal, gitar), George Daniel (drum), dan Ross MacDonald (bass) itu memiliki jadwal konser di berbagai tempat termasuk di London Finsbury Park dan San Francisco Golden Gate Park. Namun, seperti dilansir NME, mereka mengatakan bahwa pembatalan adalah tindakan terbaik di tengah ketidakpastian.

Tur The 1975 di wilayah Eropa akan dimulai pada bulan Februari dan dijadwalkan akan sampai di London pada bulan Juli. Setelah itu mereka berencana akan melanjutkan konsernya ke Amerika Serikat di beberapa festival yang digelar pada Agustus dan September.

The 1975 bukan satu-satunya band yang membatalkan rencana tur konsernya, hal serupa juga dilakukan oleh Nick Cave dan Bad Seeds membatalkan konser 2021 mereka sesaat sebelum Natal.

The 1975 memulai kariernya pada 2002. Saat itu, Matthew Healy dan kawan-kawan membentuk band tersebut di kota Wilmslow, Cheshire. Band yang saat ini berbasis di Manchester itu menelurkan album perdananya pada 2013 bertajuk The 1975. Setahun sebelumnya mereka merilis album mini (EP) yang berjudul Facedown.

The 1975 melanjutkan karyanya dalam bermusik dengan merilis album studio keduanya berjudul Like It When You Sleep, for You Are So Beautiful yet So Unaware of It pada 2016. Disusul dengan album A Brief Inquiry into Online Relationships pada 2018 dan album Notes on a Conditional Form yang dirilis pada Mei 2020.


Baca juga artikel terkait KONSER MUSIK atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Ibnu Azis
DarkLight