Tetap Kreatif Selama Pandemi COVID-19 dengan Lakukan 9 Hal Ini

Oleh: Dhita Koesno - 15 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tetap produktif dan kreatif selama Pandemi COVID-19 dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat.
tirto.id - Pandemi COVID-19 telah membuat banyak batasan dalam segala hal, apalagi saat diberlakukan lockdown atau pembatasan wilayah yang membuat orang-orang hanya bisa beraktivitas di sekitar rumah.

Dikutip dari Hello Magazine, saat merasa bosan di rumah, kondisi penguncian bisa jadi hal yang menyenangkan dan tidak lagi terasa membosankan saat Anda selalu menyibukkan diri.

Dari belajar bahasa hingga menata lemari pakaian, memperbarui CV hingga menulis novel, ada banyak hal produktif yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu dan mengapa tidak memulainya sekarang?

Sebagian orang bahkan bisa tetap produktif dengan menciptakan berbagai konten-konten kreatif yang kemudian diposting di media sosial mereka. Tetap kreatif dan mengembangkan diri ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental selama kondisi Pandemi COVID-19.

Untuk tetap produktif dan kreatif, 9 hal berikut ini bisa dilakukan agar tidak bosan saat #dirumahaja selama Pandemi COVID-19 seperti dilansir Khaleej Times:

1. Bermain dan Bereksperimen - Bereksperimen adalah bagian utama dari perangkat kreatif. Gunakan bahan-bahan murah dan barang-barang rumah tangga untuk membebaskan pikiran dari hal-hal yang membosankan.

2. Menjelajah - Selami sejarah pribadi Anda. Jelajahi keluarga, hubungan, dan insiden yang menjadikan kita seperti ini.

3. Riset - Ambil buku-buku di rak yang menarik minat Anda, dan dengarkan podcast dari penulis atau intelektual. Gali lebih dalam subjek dan masalah yang mendorong Anda untuk bisa meresponsnya.

4. Mengadakan Diskusi Kelompok - Usulkan topik untuk diskusi kelompok bersama teman-teman Anda, tetapkan tugas harian untuk misalnya membuat materi iklan, dll, dan mulailah proyek kolaboratif.

5. Dokumen - Manfaatkan kesendirian untuk mengatur studi, sketsa, dan karya seni Anda. Dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang latihan yang telah Anda atur tersebut.

6. Improvisasi - Anda mungkin tidak memiliki akses ke alat dan perlengkapan biasa, tetapi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda. Berimprovisasi dengan seperangkat sumber daya baru dapat mengarahkan pada pekerjaan baru.

7. Kontribusi - Banyak kegiatan atau kompetisi berhadiah yang ditawarkan di luar sana, jangan ragu untuk mengikutinya jika merasa mampu. Anda tidak akan rugi apa-apa dengan mengirimkan lamaran pekerjaan untuk mendapat kesempatan menerima kritik dan eksposur.

8. Peningkatan keterampilan - Dapatkan keterampilan baru untuk memperkuat keberadaan online Anda. Dunia virtual akan menjadi penghasil pendapatan penting bagi mereka yang berjualan dan mengajar seni.

9. Buat Rencana - Meskipun tidak yakin kapan semuanya akan kembali 'normal', bersiaplah untuk masa depan. Berkomitmen pada tujuan, perbaiki portofolio Anda dan susun rencana bersama untuk memasarkan diri Anda sendiri.

Ingatlah, saat ini dunia sedang berubah. Sementara kita akan berduka atas kondisi yang sedang terjadi, namun tetap ada peluang dan cara baru untuk hal dan pekerjaan yang lebih baik.

Pemerintah bersama Satgas COVID-19 terus mengkampanyekan #ingatpesanibu kepada masyarakat untuk tetap rutin melaksanakan 3M, yakni yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun agar dapat terhindar dari virus Corona COVID-19.


-----------------------------------

Artikel ini terbit atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight