Terlibat Dukungan Skandal, Kantor Samsung di Seoul Digeledah

Oleh: Yuliana Ratnasari - 8 November 2016
Kejaksaan Seoul melakukan penggeledahan terhadap kantor-kantor Samsung di Seoul karena diduga memberi dukungan pada kongomerat yang terlibat skandal. Tuduhan bahwa Samsung mengirimkan 2,8 juta euro ke sebuah perusahaan milik konglomerat itu di Jerman kini tengah diselidiki.
tirto.id - Kantor-kantor Samsung Electronics Co. di Seoul dilaporkan telah digeledah oleh kejaksaan pada Selasa (8/11/2016). Penggeledahan ini dilakukan terkait tuduhan bahwa perusahaan itu memberikan dukungan yang tidak semestinya kepada putri Choi Soon-sil, teman dekat Presiden Park Geun-hye yang sedang terlibat skandal.

Dalam penggeledahan kantor-kantor urusan eksternal yang ada di kantor pusat grup bagian selatan Seoul itu, kejaksaan menyita dokumen-dokumen terkait bisnis Samsung dengan Korea Equestrian Federation, yang diduga memberikan dukungan tak semestinya kepada putri Choi, Chung Yoo-ra.

Kantor Park Sang-jin, kepala urusan eksternal di Samsung Electronics dan presiden federasi olahraga itu, juga masuk dalam daftar penggeledahan menurut kejaksaan. Seperti diberitakan Antara, hal itu merupakan pertama kalinya dalam delapan tahun kantor konglomerat terbesar di negara tersebut digeledah oleh jaksa.

Kejaksaan menyelidiki tuduhan bahwa Samsung mengirimkan 2,8 juta euro ke sebuah perusahaan milik Choi di Jerman, atas nama pengaturan konsultasi, untuk mendanai latihan menunggang kuda putrinya.

Penggeledahan kantor Samsung dilakukan lima hari setelah jaksa memeriksa seorang direktur eksekutif grup tersebut, yang hanya diidentifikasi dengan nama keluarga Kim, sebagai saksi perkara dugaan bahwa Choi berkolaborasi dengan seorang bekas sekretaris presiden untuk mendorong perusahaan-perusahaan lokal menyumbangkan puluhan miliar won untuk dua yayasan nirlaba.

Ada tuduhan bahwa uang itu kemudian secara ilegal disalurkan ke Choi, yang diduga memanfaatkan hubungannya dengan presiden untuk mencampuri urusan negara dan mengeruk keuntungan.

Choi sekarang diperiksa jaksa dan berada dalam tahanan. Pengadilan lokal mengeluarkan surat perintah untuk secara resmi menahannya pekan lalu menurut warta kantor berita Yonhap.

Baca juga artikel terkait SAMSUNG atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight