Terdampak Abrasi, 299 KK di Pesisir Cemarajaya Karawang Direlokasi

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 27 November 2019
Total daratan yang hilang akibat abrasi mencapai 200-300 hektare. Warga yang direlokasi ada di Dusun Pisangan, Dusun Cemara 1, serta Dusun Cemara 2.
tirto.id - Akibat abrasi yang terjadi di Pantai Cemarajaya wilayah pesisir Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat membuat lebih dari 200 keluarga terpaksa direlokasi.

"Sebanyak 299 keluarga yang terkena dampak abrasi siap direlokasi," kata Kepala Desa Cemarajaya Yong Lim Supardi di Karawang, Rabu (27/11/2019) seperti dilansir dari laman Antara.

Menurutnya warga yang akan direlokasi tersebut adalah warga Dusun Pisangan, Dusun Cemara 1, serta Dusun Cemara 2.

Rencananya, pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten setempat akan merelokasi ratusan warga terdampak abrasi dengan membangun rumah susun di Dusun Sekom.

Ia menambahkan, ratusan warga harus direlokasi karena tempat tinggal mereka terancam abrasi pantai. Bahkan saat ini ada rumah warga yang bagian belakangnya sudah tergerus abrasi pantai.

Artinya, sebagian rumah warga itu sudah hancur tergerus abrasi, dan bibir pantai sudah berada tepat di belakang rumah warga.

Menurut Yong Lim, abrasi Pantai Cemarajaya berlangsung sejak lama. Kondisinya cukup parah hingga banyak rumah warga yang tergerus abrasi.

"Abrasi pantai sudah terjadi sejak 1990-an, jadi ya sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Kalau rumah, sudah banyak yang hilang (tergerus abrasi)," katanya.

Ia menambahkan saat ini total daratan yang hilang akibat abrasi mencapai 200-300 hektare.


Baca juga artikel terkait ABRASI atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight