Teori Komik One Piece 967: Kematian Kozuki Oden di Chapter 968?

Oleh: Fitra Firdaus - 8 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Setelah Kozuki Oden mencapai Laugh Tale di komik One Piece 967, kemungkinan ia akan kembali ke Wano dan tewas dieksekusi Orochi-Kaido di Chapter 968.
tirto.id - Komik One Piece Chapter 967, "Petualangan Roger" sudah dirilis pada Senin (6/1/2020) dan dapat dibaca melalui MangaPlus Shueisha. Muncul pertanyaan, apakah dalam chapter terbaru, 968, kematian Kozuki Oden setelah mendarat di Negeri Wano, akan ditampilkan?

Dalam One Piece 967, terungkap bahwa Kozuki Oden menemani Gol D. Roger mencapai pulau terakhir, Laugh Tale. Ketika sampai di sana, Roger tertawa melihat "harta karun" yang ditinggalkan oleh Joy Boy, One Piece.

Setelah sampai di titik terakhir itu, Bajak Laut Roger mengetahui semua rahasia dunia. Mulai dari yang terjadi di Abad yang Hilang, Will of D., dan Senjata Kuno. Oden sendiri, baru mengetahui bahwa ternyata Negeri Wano berkontak dengan dunia pada masa lalu.

Hal ini menarik, karena salah satu alasan Oden meninggalkan Wano adalah karena negeri tersebut menerapkan sistem politik isolasi dari dunia luar. Pasti terjadi sesuatu pada masa lalu sehingga Wano mengubah sistem politik luar negeri mereka. Apalagi, diketahui bahwa Klan Kozuki dari Wano-lah yang mengukir bahasa khusus di poneglyph yang tersebar di seluruh dunia.

Usai mencapai Laugh Tale, Roger kemudian mendapatkan gelar Raja Bajak Laut. Namun, Roger tidak melakukan apa pun soal One Piece. Sebaliknya, ia membubarkan bajak lautnya, kemudian menyerahkan diri kepada Angkatan Laut untuk dieksekusi.

Bisa jadi, Roger melakukan hal ini karena ternyata ia bukanlah orang yang akan memberikan fajar kepada dunia. Pada masanya, Poseidon belum terlahir kembali. Berbeda dengan era Monkey D. Luffy saat ini, Poseidon menjelma dalam wujud Shirahoshi, putri Kerajaan Ryugyu.

Kozuki Oden mungkin punya pemikiran sama dengan Roger. Namun, ia punya masalah lain. Di Chapter 967, Oden meninggalkan istrinya, Toki, juga kedua anaknya, Momonosuke dan Hiyori, di Negeri Wano. Oden saat itu sebenarnya sudah menyadari Wano berubah. Kemungkinan besar, Kurozumi Orochi sudah semakin berkuasa, dan mulai mencaplok semua wilayah Wano.

Oden yang sekali lagi ke Wano demi menemui keluarganya, akan berhadapan dengan Orochi. Di sisi Orochi, ada Kaido, mantan anak buah Bajak Laut Rocks yang kelak dilabeli sebagai makhluk terkuat di dunia. Kaido ini demikian hebat, entah saat itu sudah memiliki tentara seperti saat ini atau tidak.

Di Chapter 818, terungkap bahwa Oden dieksekusi di Ibukota Bunga oleh Orochi dan Kaido. Alasannya, Oden menolak untuk memberitahukan apa itu Laugh Tale. Namun, dijelaskan pula di Chapter 953, Oden mampu memberikan satu-satunya luka di tubuh Kaido dengan pedang Enma miliknya.

Bukan tidak mungkin, kematian Oden yang dramatis akan diungkap di Chapter 968, termasuk perintah terakhirnya kepada Akazaya Nine, untuk membuka perbatasan Negeri Wano kepada dunia luar.

Jika demikian, maka ini bisa berkaitan dengan kejadian di Chapter 959, "Samurai", ketika Akazaya Nine tetap memaksa menyelinap ke Onigashima meski aliansi mereka gagal datang tepat waktu.



Manga One Piece dapat dibaca secara legal melalui MangaPlus Shueisha. Yang disediaka dalam layanan ini adalah 3 chapter pertama manga dan tiga chapter paling mutakhir. Dengan demikian, saat ini chapter One Piece yang bisa dibaca di MangaPlus adalah Chapter 1, 2, 3, 965, 966, dan 967.

One Piece Chapter 968 akan dirilis pada 20 Januari 2020.

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - )

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight