Tema Hari Nelayan Internasional 2022 yang Diperingati 29 Juni

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 28 Jun 2022 13:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hari Nelayan Internasional 29 Juni: tema dan tujuan peringatan.
tirto.id - Hari Nelayan Internasional diperingati pada tanggal 29 Juni setiap tahunnya. Hari ini adalah festival unik yang mengakui dan mengintegrasikan upaya para nelayan di seluruh dunia.

Tahukah Anda bahwa memancing telah menjadi bagian dari setiap masyarakat secara global sejak era prasejarah? Memancing telah menjadi sumber makanan dan perdagangan sejak dahulu kala.

Nelayan di seluruh dunia sangat penting bagi rantai makanan karena ikan yang mereka tangkap merupakan sumber nutrisi utama bagi penduduk negara ini dan seluruh dunia.

Menurut National Today, memancing adalah kegiatan prasejarah yang telah dikaitkan dengan umat manusia sejak awal. Aktivitas tersebut sudah ada sejak 40.000 tahun yang lalu, dan hampir semua negara di dunia ini memiliki nelayan.

Memancing adalah olahraga yang mendebarkan dan penuh petualangan. Hari Nelayan Internasional diperingati oleh ribuan orang di seluruh dunia sebagai cara untuk merayakan pria dan wanita yang bekerja di industri perikanan.

Hari itu dirayakan dengan berbagai perayaan, dengan ikan sebagai hidangan utama. Nelayan meluncur ke kedalaman untuk mengumpulkan tangkapan besar pada Hari Nelayan Internasional, yang dirayakan dengan meriah.

Hari Nelayan Internasional adalah hari kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Komite Hari Nelayan di berbagai negara di dunia untuk mempromosikan peningkatan dan pelestarian industri perikanan dengan merayakan kontribusi beragam nelayan.

Hari ini juga dibuat untuk memperkuat hubungan antara komunitas nelayan, vendor, pengolah, lembaga pemerintah dan non-pemerintah, dan pemangku kepentingan yang berbeda untuk membangun sektor perikanan yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Infografik SC Hari Nelayan Internasional
Infografik SC Hari Nelayan Internasional. tirto.id/Fuad


Tema Hari Nelayan Internasional 29 Juni


Tujuan utama Hari Nelayan Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya makanan laut dan perlunya melindungi sumber daya laut.

Tahun ini, tema Hari Nelayan Internasional adalah “Perikanan Berkelanjutan: Membangun Masa Depan untuk Semua Orang.”

Tujuannya adalah untuk mendorong orang untuk berpikir tentang bagaimana mereka dapat menangkap ikan dan makanan laut secara bertanggung jawab dengan cara yang akan melindungi lingkungan dan kesehatan manusia.

Nelayan memegang peran penting dalam produksi makanan laut.

1. Makanan laut merupakan bagian penting dari pasokan pangan global.
2. Perikanan dan makanan laut berkontribusi lebih dari $500 miliar pada ekonomi global setiap tahun.
3. Industri perikanan merupakan bagian penting dari banyak perekonomian pesisir.
4. Nelayan berperan penting dalam melestarikan sumber daya laut.
5. Hari Nelayan Internasional merayakan pentingnya perikanan dan makanan laut serta kontribusinya terhadap ekonomi global.


Baca juga artikel terkait HARI NELAYAN INTERNASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight