Tema Hari Kebangkitan Nasional 2021 & Link Download Logo Harkitnas

Oleh: Dhita Koesno - 18 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tema Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 dan link download logo Harkitnas ke-113
tirto.id - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2021, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah mengeluarkan pedoman penyelenggaraan Harkitnas yang ke-113.

Peringatan Harkitnas tahun ini yang masih dalam suasana Pandemi COVID-19, setidaknya telah mengubah cara dan gaya hidup banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tema Harkitnas 2021


Atas hal tersebut, maka tema Harkitnas yang ke-113 tahun ini pada 20 Mei 2021 adalah "Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!".


Tema ini dipilih sebagai pengingat bahwa Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Bangsa yang tangguh tentu saja bisa menghadapi semua persoalan dan tantangan yang ada saat ini.

Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam sambutannya pada peringatan ke-113 Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 menyatakan, peringatan Kebangkitan Nasional ini menjadi titik awal dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan bangsa Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional, kata dia, juga mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan mana pun.

"Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa. Menuju Indonesia digital, semakin digital akan semakin maju," ujarnya yang disampaikan pada 7 Mei 2021.

Infografik SC Hari Kebangkitan Nasional
Infografik SC Hari Kebangkitan Nasional 2021. tirto.id/Fuad


Sama seperti tahun ini, tahun lalu, Harkitnas juga berada dalam situasi Pandemi Covid-19, di mana temanya adalah "Bangkit dalam Optimisme Normal Baru".

Pemilihan tema tersebut bertujuan agar Harkitnas menjadi momentum bangsa Indonesia untuk bersatu padu memutus rantai Covid-19.

Oleh karenanya, Pandemi yang telah berlangsung selama setahun lebih ini setidaknya bisa mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan dinamika yang ada, mengingat belum ada solusi yang panacea atas permasalahan ini.

"Tujuan peringatan Harkitnas ke-133 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari Pandemi Covid-19" jelas Menkominfo.

Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-113


Untuk mengetahui logo Harkitnas 2021, ada link yang bisa didownload melalui situs PDF resmi Kominfo. Berikut ini link logo Harkitnas ke-113 dari Kominfo:

Link download logo Harkitnas 2021.


Baca juga artikel terkait HARI KEBANGKITAN NASIONAL 20 MEI atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight