Tema Hari Brimob 2020 HUT ke-75 dan Kegiatan untuk Memperingatinya

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 13 Nov 2020 15:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hari Brimob 14 November: ulang tahun Brimob yang dirayakan di tengah pandemi.
tirto.id - Hari ulang tahun ke-75 Brigade Mobil (Brimob) dirayakan pada 14 November 2020. Saat hari jadi ini, Brimob mengangkat tema Brimob untuk Indonesia, seperti saat HUT ke-74 lalu.

Dalam memperingati HUT ke-75 Brimob ini, berbagai kegiatan dilakukan, baik secara langsung, maupun virtual karena pandemi Covid-19. Beberapa kegiatan peringatan HUT ke-75 Brimob ini di antaranya pencucian dhuaja secara virtual oleh Satbrimob Polda Sumsel.

Menurut situs web Brimob, kegiatan pencucian tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Di Sumatera Barat, HUT ke-75 Brimob dilaksanakan dengan lomba menembak yang dilaksanakan antara pejabat utama Polda Sumbar.

Lomba menembak tersebut dilakukan di lapangan Tembak SPN Polda Sumbar pada hari Kams 12 November 2020 pagi. Lomba menembak di bagi doa Katagori yaitu menggunakan senjata laras panjang dan pendek.

Kegiatan lomba menembak di awali oleh Kapolda Sumbar Toni Harmanto dengan mengunakan senjata laras panjang, setelah itu disusul oleh Pejabat Utama Polda Sumbar.

Satuan Brimob Polda Jambi bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi menggelar kegiatan aksi donor darah, Kamis (12/11/2020).

Hal tersebut dilakukan karena meningkatnya permintaan kantong-kantong darah kepada PMI Untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Banyak pasien yang trombositnya turun sehingga butuh asupan darah.

Kegiatan donor darah yang bertempat di Joglo Markas Komando Satuan Brimob Polda Jambi tersebut diikuti oleh personel Brimob Jambi, prajurit Yonif 142/KJ, personel Polda Jambi dan PMI Provinsi Jambi.

Polda Jambi juga melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Satria Bakti yang bertempat di Jalan Jend. Sudirman Kelurahan Tambak Sari, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Jumat (13/11/2020).

Ziarah dan tabur bunga dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Korps Brigade Mobil (Brimob) memperingati hari jadi mereka pada 14 November 2020. Sejarah berdirinya Brimob bermula sejak tahun 1943-1944 pada masa penjajahan Jepang. Brimob awalnya bernama Polisi Istimewa dan dibentuk oleh Mohammad Jasin.



Baca juga artikel terkait HUT KE 75 BRIMOB atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH

DarkLight