Tema Hari Alzheimer Sedunia 21 September 2021 dan #WorldAlzMonth

Penulis: Yulaika Ramadhani, tirto.id - 20 Sep 2021 10:22 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Perayaan World Alzheimer’s Month 2021 mengusung tema “Kenali Alzheimer: Pentingnya Deteksi Dini”
tirto.id - World Alzheimer’s Day atau Hari Alzheimer Sedunia diperingati setiap tanggal 21 September. Tahun ini, Hari Alzheimer Internasional dirayakan Selasa, 21 September 2021.

Dalam rangka hari besar kesehatan ini juga digelar Bulan Alzheimer Dunia (World Alzheimer’s Month).

Tahun ini, perayaan World Alzheimer’s Month 2021 mengusung tema “Kenali Alzheimer: Pentingnya Deteksi Dini”.


#WorldAlzMonth merupakan sebuah kampanye internasional untuk meningkatkan kesadaran demensia dan menantang stigma mengenai kondisi ini, demikian dikutip laman organisasi kesehatan yang memperhatikan alzheimer di Indonesia alzi.or.id.

Selama bulan ini, asosiasi Alzheimer di seluruh dunia mengadakan kegiatan advokasi dan penyebaran informasi, tampilan media dan penggalangan dana.

"Kita semua bisa membantu dalam upaya melawan Alzheimer, dengan berbagai cara kecil dan besar," tulis pihak Alzi.

Selama bulan September, Alzheimer’s Indonesia (ALZI) akan menyelenggarakan berbagai rangkaian.

"Kami mengundang kakak-kakak semua untuk membantu meningkatkan kesadaran demensia baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Mari ikut terlibat dalam setiap rangkaian acara World Alzheimer’s Month yang diselenggarakan oleh Alzheimer’s Indonesia tahun ini!" ajak ALZI.

Cara memperingati Hari Alzheimer Sedunia

Ada banyak cara untuk terlibat dalam Bulan Alzheimer Sedunia. Kita bisa berbagi pesan dan kampanye di media sosial, terlibat dalam kegiatan asosiasi Alzheimer atau demensia setempat. Cara memperingati Hari Alzheimer Sedunia yang lain adalah memberikan donasi ke organisasi Alzheimer.


Sementara itu, berikut adalah kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan oleh ALZI pada bulan September ini untuk World Alzheimer’s Month tahun 2021:

Selama bulan September ini, Alzi akan mengupload video edukasi di Menara BCA Jakarta dan di beberapa stasiun LRT/MRT Jakarta.

Di malam hari, Tugu Monas juga akan memancarkan nuansa ungu dalam rangka memperingati WAM 2021.

Video Demensia Care Tips and Tricks juga akan di-upload setiap hari dan dapat disaksikan melalui channel YouTube Alzheimer Indonesia maupun IGTV @alzi_indonesia.

"Abadikan momen World Alzheimer’s Moment anda dan jangan lupa tag akun media sosial kami," tulis ALZI.

Apa Itu Alzheimer?

Penyakit Alzheimer adalah bentuk paling umum dari demensia, yang ditandai dengan hilangnya ingatan yang semakin buruk dari waktu ke waktu. Kondisi ini diyakini disebabkan oleh penumpukan plak amiloid beta dan kusut neurofibrillary yang disebut tau di otak. Sejauh ini, belum ada obat untuk penyakit ini.

Demensia sendiri terjadi karena kerusakan sel otak yang menyebabkan komunikasi antar-sel menjadi terganggu.

Akibatnya, fungsi otak menurun dan menyebabkan gangguan ingatan. Penyakit ini memiliki beberapa turunan, alzheimer merupakan tipe demensia yang paling sering diidap, yakni sebanyak 40-70 persen. Menyusul demensia vaskular mencapai 15-25 persen, lalu demensia lewy body 2-20 persen, demensia fronto temporal 2-4 persen, dan demensia lainnya seperti parkinson, huntington, trauma kepala, dll.


Pada 2014, diperkirakan sebanyak 5 juta orang Amerika hidup dengan penyakit Alzheimer, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Di Inggris, 850.000 orang hidup dengan demensia, menurut Alzheimer's Society.


Baca juga artikel terkait HARI ALZHEIMER SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight