Tekan COVID-19, Polda Metro Jaya Siapkan Tes Swab Antigen Gratis

Oleh: Adi Briantika - 1 Februari 2021
Polda Metro Jaya berupaya menekan penyebaran virus COVID-19 di wilayah hukumnya dengan tiga program.
tirto.id - Polda Metro Jaya berupaya menekan penyebaran virus COVID-19 di wilayah hukumnya dengan tiga program. Per 31 Januari 2021, penambahan kasus terbanyak berasal dari DKI Jakarta, jumlahnya 3.474 orang. Total kasus terkonfirmasi positif Corona di Indonesia per hari itu mencapai 1.078.314 jiwa.

"Ada tiga aspek. Penanganan 'Kampung Tangguh', pelaksanaan swab antigen gratis bagi masyarakat yang kurang mampu dan 'Gerakan Jakarta Bermasker' itu dilaksanakan serentak oleh polsek jajaran serentak," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dalam peninjauan di Polsek Pancoran, Senin (1/2/2021)

Berkaitan dengan Kampung Tangguh, Polda Metro Jaya akan memberikan memberikan arahan khusus agar program itu berjalan lancar.

Perihal Jakarta Bermasker, pihaknya dan Kodam Jaya akan membagikan minimal 100 ribu masker gratis kepada masyarakat per hari, dan itu menjadi target aparat.

"Mudah-mudahan upaya ini sudah sesuai arahan Kapolri, kemarin sudah dilaksanakan bersama Bapak Panglima TNI untuk serentak kami laksanakan bersama," jelas Fadil.

Terakhir, swab antigen gratis bakal digelar di seluruh polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada Senin dan Kamis pukul 09.00-12.00, dengan kuota 100 orang.

Selain itu, para epidemiolog sepakat bahwa data-data ini menunjukkan bahwa Indonesia gagal mengatasi pandemi. Satu indikator sederhana, positivity rate di atas 20 persen padahal batas amannya hanya lima persen.



Baca juga artikel terkait TES RAPID COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri
DarkLight