Taylor Swift Musikus Berpenghasilan Tertinggi 2019, Capai $185 Juta

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 8 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Taylor Swift dinobatkan menjadi musikus dengan penghasilan tertinggi di 2019, ungguli Kanye West.
tirto.id - Penyanyi Taylor Swift menjadi musikus dengan penghasilan tertinggi pada 2019 versi majalah Forbes. Dilansir NME, Taylor Swift menghasilkan 185 juta dolar AS dalam penghasilan sebelum pajak dari bulan Juni 2018 hingga Juni 2019.

Sebagian besar pendapatan Taylor Swift datang dari kontrak rekaman baru, serta serangkaian tur konser "Reputation", yang dianggap sebagai tur terlaris dalam sejarah Amerika Serikat.

Ini adalah kedua kalinya dalam lima tahun terakhir bagi Swift menduduki puncak daftar sebagai musikus dengan bayaran tertinggi. Terakhir kali Swift meraihnya pada tahun 2016 lalu ketika penghasilan sebelum pajaknya 170 juta dolar AS.

Selain itu, musikus lain yang ada dalam daftar di antaranya adalah Kanye West yang berada di tempat kedua setelah memperoleh pendapatan sekitar 150 juta dolar AS, lalu diikuti Ed Sheeran yang berada di posisi ketiga dan merupakan orang Inggris berperingkat tertinggi dengan perkiraan penghasilan sebelum pajak 110 juta dolar AS.

Ada sembilan entri baru yang masuk dalam daftar, termasuk boy group asal Korea Selatan BTS pada urutan 15, serta Ariana Grande pada urutan 22 dan Migos pada urutan 40.

Berikut sepuluh besar musisi berpenghasilan tinggi dunia pada tahun 2019.
  1. Taylor Swift - 185 juta dolar AS
  2. Kanye West - 150 juta dolar AS
  3. Ed Sheeran - 110 juta dolar AS
  4. The Eagles - 100 juta dolar AS
  5. Elton John - 84 juta dolar AS
  6. Jay-Z - 81 juta dolar AS
  7. Beyonce - 81 juta dolar AS
  8. Drake - 75 juta dolar AS
  9. Diddy - 70 juta dolar AS
  10. Metallica - 68,5 juta dolar AS
Pada akhir tahun ini, Taylor Swift juga menuai prestasi. Ia diganjar lima penghargaan American Music Awards (AMA) 2019. Pertama, ia meraih Artist of the Decade, kedua ia diganjar Album Favorit Pop/Rock. Ketiga meraih Favorite Music Video untuk “You Need to Calm Down”. Keempat Favorite Female Artis dan Favorite Artis.

Dalam penghargaan musik paling bergengsi di Amerika itu, Taylor mengalahkan Billie Eilish dan Ariana Grande untuk kategori Album Favorit Pop/Rock. Atas penghargaan itu, Taylor resmi menyandang status artis terbanyak meraih piala AMA sepanjang satu dekade.

Di sisi lain, penyanyi berusia 29 tahun ini juga dikategorikan sebagai artis wanita terbanyak mendapatkan penghargaan AMA dengan 29 kemenangan. Ia bahkan mampu menggeser posisi Michael Jackson yang meraih 24 piala, demikian seperti dilansir The Guardian.

Tidak hanya AMA, Billboard bahkan akan memberikan penghargaan "Woman of the Decade Award" kepada Taylor Swift pada 12 Desember mendatang. Swift akan menjadi wanita pertama akan yang menerima penghargaan itu.

Alasan Billboard memberikan penghargaan itu kepada Taylor Swift karena dianggap sebagai salah satu penyanyi paling sukses sepanjang masa selama tahun 2010-an, demikian seperti dilansir Antara dari The Hollywood Reporter, Kamis (21/11/2019).

Sepanjang karier bermusiknya, Taylor Swift telah mendapat banyak pencapaian, yang di mana albumnya pernah menjadi peringkat pertama di Billboard 200 pada dekade ini. Selain itu, lima lagu Swift juga merajai tangga lagu Billboard Hot 100.

Di sisi lain, ia juga menggelar tiga tur di seluruh dunia dan dua penghargaan "Billboard Woman of the Year". Swift juga juga dinilai berkomitmen untuk melindungi hak-hak kreatif, pendidikan musik, program melek huruf, penelitian kanker, bantuan bencana dan inisiatif "Time's Up".


Baca juga artikel terkait MUSISI DUNIA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Sumber: Antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight