Tata Cara Menggunakan Dubsmash, Aplikasi Pesaing TikTok

Oleh: Balqis Fallahnda - 15 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Dubsmash adalah salah satu aplikasi yang memberikan layanan serupa TikTok. Cara menggunakan Dubsmash juga cukup mudah.
tirto.id - Kepopuleran aplikasi TikTok membuat banyak pesaingnya berlomba untuk mencoba peruntungan di ceruk serupa. Sebut saja Instagram yang merilis Reels atau Snapchat yang meluncurkan Spotlight beberapa waktu lalu.

Selain dua aplikasi tersebut, Dubsmash yang beberapa waktu lalu bergabung dengan Reddit juga bisa menjadi alternatif untuk membuat video pendek seperti di TikTok.

Mereka yang mencari alternatif aplikasi yang mirip dengan TikTok, bisa mengunduh Dubsmash di Apps Store maupun Google Play Store.

Untuk menggunakan Dubsmash, setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, langkah paling awal adalah membuat akun.

Agar bisa membuat akun Dubsmash, pengguna harus berusia minimal 13 tahun. Alamat email dan kata sandi yang digunakan saat mendaftar perlu diingat, karena diperlukan untuk mengelola akun.

Berikut langkah membuat akun Dubsmash, seperti dikutip dari laman resmi pengembang aplikasi ini:

  • Unduh aplikasi Dubsmash di perangkat dari App Store atau Google Play Store.
  • Buka aplikasi dan ketuk tombol ungu besar Daftar.
  • Masukkan alamat email yang valid. Ini sangat penting untuk mengelola akun dan kata sandi.
  • Pilih nama pengguna yang unik. Pastikan itu sesuai dan sesuatu yang mudah diingat.
  • Pilih sebuah kata kunci.
  • Kemudian, klik Log in untuk bergabung.

Dubsmash mengizinkan pengguna untuk mengubah nama pengguna setelah mendaftar. Pengguna dengan profil atau nama tidak pantas maupun vulgar akan dihapus, bersama dengan semua video, suara, dan pengikut yang terkait dengan akun itu.

Untuk kata kunci, pastikan berupa sesuatu yang mudah diingat sekaligus aman, atau tidak mudah ditebak orang lain. Jika pengguna perlu memulihkan kata sandi, kunjungi dubsmash.com/reset-password dan email pemulihan akan dikirim ke alamat email yang digunakan saat mendaftar.

Cara Menggunakan Dubsmash

Setelah memiliki akun dan bergabung dengan Dubsmash, berikut cara menggunakan Dubsmash, sebagaimana dilansir Business Insider.

Pertama, buka aplikasi dan pilih audio yang ingin digunakan untuk video. Pengguna akan melihat banyak kategori yang lagi ngetren, seperti "Film Cewek", "TV Populer", dan "Rap".

Kedua, pengguna akan melihat daftar klip audio yang berbeda. Ketuk ikon putar di sisi kiri setiap judul untuk mendengarkan klip.

Ketiga, usai pengguna memutuskan klip yang sempurna, ketuk judulnya sekali. Di sini, pengguna akan merekam video. Posisikan diri di depan kamera dan bersiaplah untuk merekam.

Keempat, setelah siap merekam video, ketuk tombol "Start" di bagian bawah layar untuk memulai. Pengguna dapat menggunakan gelombang audio di bagian atas layar sebagai panduan mengatur waktu perekaman dengan sempurna.

Kelima, saat selesai merekam video, aplikasi akan memutar kembali Dub yang telah direkam. Jika pengguna tidak puas dengan hasilnya, ketuk "X 'di pojok kiri atas untuk mencoba lagi. Jika puas dengan hasilnya, ketuk tombol "Berikutnya" untuk membagikan kreasi video.

Dubsmash akan memberi beberapa opsi untuk membagikan Dub. Pengguna dapat mengirim Dubs ke teman melalui Facebook messenger, WhatsApp, atau sebagai pesan teks. Pengguna aplikasi ini pun bisa memilih opsi "Simpan ke Rol Kamera" untuk menyimpan video.


Baca juga artikel terkait TIKTOK atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight