Tata Cara Membuat Efek Blur pada Sebagian Gambar di Photoshop CS2

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 1 Jan 2022 15:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah cara membuat efek blur pada sebagian gambar di Photoshop supaya terkesan artistik.
tirto.id - Pemberian efek blur pada sebuah foto menggunakan Photoshop CS2 bisa menambahkan kesan artistik. Sebab, software Adobe Photoshop CS2 mampu memberikan berbagai sentuhan editing pada gambar hingga foto.

Photoshop menjadi salah satu piranti lunak andalan di dunia fotografi, terlebih bagi mereka yang ingin menjadikan foto lebih hidup atau memiliki fantasi tersendiri. Salah satu fitur sunting yang dimilikinya adalah efek blur.

Mengutip buku TIK Kelas XII (2010), efek blur kerap dipakai menjadi filter untuk mengubah foto menjadi lebih artistik. Objek pada foto tidak hanya tampak biasa. Dengan sentuhan efek blur, objek menjadi lebih bernilai seni.


Cara membuat efek blur pada Photoshop CS

  1. Buka gambar yang akan diedit menggunakan Photoshop CS2.
  2. Buat seleksi pada gambar yang nantinya tetap tajam. Lalu tekan Ctrl+J atau klik menu Edit > Copy dan Edit > Paste. Setelah melakukan seleksi gambar, mulai ke langkah selanjutnya sebelum diedit.
  3. Buat duplikat layer background dengan memilih layer background lalu tekan Ctrl+J. Bisa pula cara ini dilakukan dengan menarik nama layer ke arah ikon create a new layer di palet layer.
  4. Berikan efek blur pada layer background copy (hasil duplikat layer background). Caranya pilih menu Image > Blur > Gaussian Blur.
  5. Agar tampak efek terdapat sisi yang tetap jelas, lakukan klik ikon Add Layer Mask. Pilih gradient tool, lanjut pilih gradient merah-putih Lalu, pilih jenis gradient linear dan terapkan gradien pada gambar.


Petunjuk cara blur gambar ini bisa diaplikasikan sesuai kreativitas masing-masing. Photoshop dapat pula dipakai untuk menciptakan blur seperti foto bokeh yang saat ini populer diterapkan oleh triple kamera pada ponsel pintar terbaru.

Semakin sering desainer mengasah kemampuan memainkan fitur Photoshop, maka hasil gambar yang dihasilkan umumnya bertambah baik.

Mengutip situs American Graphics Institute, Photoshop adalah software yang kerap dipakai dalam mengedit gambar, retouching, membuat komposisi gambar, maket situs web, dan menambahkan efek-efek tertentu yang artistik.

Gambar digital, atau gambar hasil scan, dapat disunting untuk digunakan pada publikasi online atau cetak. Grafik yang dibuat dengan menggunakan Photoshop bisa diekspor ke ekstensi berbeda yang dapat digunakan pada program lain.


Baca juga artikel terkait PHOTOSHOP atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight