Tata Cara Live Streaming di TikTok, Tips-Tips dan Manfaatnya

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 4 Jan 2023 06:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
TikTok tidak memperbolehkan kreator membuat live hanya untuk meminta insentif atau hadiah dari pemirsanya. Kreator wajib mengikuti Panduan Komunitas TikTok.
tirto.id - Media sosial TikTok menyediakan fitur TikTok LIVE untuk anggotanya yang ingin sekaligus menjadi kreator. TikTok LIVE memungkinkan terjadinya interaksi antara kreator dengan pengikutnya. Syarat utama untuk memanfaatkan fitur ini yaitu kreator mesti berusia minimal 18 tahun dan memiliki pengikut minimal 1.000 akun.

Mengutip laman Dukungan TikTok, hadirnya TikTok LIVE menjadi tempat untuk bersenang-senang, berekspresi, hingga berkreasi secara real time. Selama siaran langsung, perekaman tidak memiliki batasan waktu sampai kreator selesai. Namun, TikTok akan menutup ruang live jika diketahui krator tidak ada di tempat dalam jangka waktu lama.

Keuntungan menggunakan TikTok LIVE yaitu bisa membangun jalinan yang lebih erat antara kreator dengan pengikutnya. Di samping itu, kreator dapat pula memperoleh virtual gift dari pemirsanya dalam bentuk diamond. Diamond yang terkumpul dapat ditukarkan menjadi mata uang.


Kendati demikian, TikTok tidak memperbolehkan kreator membuat live hanya untuk meminta insentif atau hadiah dari pemirsanya. Selain itu, kreator harus mengikuti Panduan Komunitas yang ditetapkan oleh TikTok.


Alasan Menggunakan TikTok LIVE


Fitur TikTok LIVE memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, kreator konten sebaiknya tidak melewatkan untuk menggunakan fitur tersebut. Situs The Indie Practise menyebutkan bahwa setidaknya ada lima alasan memanfaatkannya:

  1. Membangun komunitas yang solid
  2. Meningkatkan hubungan lebih erat dengan pemirsa
  3. Bisa membuat konten dalam waktu lebih panjang
  4. Konten live bisa dijadikan bahan promosi di akun TikTok atau media sosial lain
  5. Fitur TikTok LIVE dapat dimonetisasi sehingga menghasilkan pendapatan

Cara Menggunakan Fitur TikTok LIVE


TikTok LIVE bisa dilakukan dengan mudah oleh pengguna. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi TikTok dan klik tombol Create (tombol kecil dengan tanda + di kotak di bagian bawah layar)
  2. Gulir ke kanan opsi Live
  3. Pilih gambar sampul dan judul untuk streaming
  4. Gunakan efek atau filter apa pun yang disukai, lalu klik tombol merah GO LIVE

Saat live, kreator dapat menambahkan moderator untuk mengawasi obrolan agar tidak sampai muncul kata-kata tidak pantas. Kreator bisa pula menjadwalkan streaming dengan klik ikon kalender di profil TikTok. Di menu tersebut dapat ditambahkan nama acara, mengatur waktu dan durasi mulai, dan menuliskan deskripsi streaming.


Tips Melakukan TikTok LIVE


Melakukan siaran di TikTok LIVE akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para kreator. Namun, tidak selamanya menggunakan fitur ini otomatis menjadi populer. Selain itu, kreator tetap perlu memerhatikan adab sekali pun dilakukan di dunia maya.

Mengutip laman Dacast, ada beberapa tips saat menggunakan TikTok LIVE agar menyenangkan tanpa perlu melanggar aturan:

  1. Patuhi aturan Pedoman Komunitas TikTok yang ketat. Misalnya, kreator dilarang memasukkan dalam kontennya unsur kekerasan, terorisme, kebencian, konten dewasa, dan sebagainya
  2. Lakukan interaksi dengan pemirsa. Kreator sebaiknya membangun komunikasi dengan pemirsanya untuk membangun ikatan. Contohnya menyapa pemirsa dan menjawab pertanyaan yang mereka ajukan
  3. Lakukan siaran lebih sering. Lebih kerap menggunakan TikTok LIVE maka berpeluang mendapatkan pemirsa setia. Mereka akan menantikan siaran langsung berikutnya
  4. Tambahkan pengisi konten dengan mengundang kreator lain. Cara ini dapat meningkatkan jumlah pemirsa sekaligus cukup efektif untuk mempromosikan sesuatu
  5. Jadikan interaksi live streaming menyenangkan. Jangan sampai pemirsa menjadi bosan dengan konten dan selalu lakukan penyegaran materi setiap live


Baca juga artikel terkait RAGAM DAN HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis

DarkLight