Tata Cara Khutbah Idul Adha & Contoh Khotbah Hari Raya Kurban 2020

Oleh: Abdul Hadi - 30 Juli 2020
Dibaca Normal 3 menit
Khutbah Idul Adha dibacakan setelah pelaksanaan sholat Id. Contoh materi khutbah Idul Adha 2020 telah disediakan laman MUI Pusat, NU Online dan Muhammadiyah.
tirto.id - Idul Adha 1441 Hijriah atau tahun ini jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan umat Islam pada hari raya kurban ini adalah sholat Idul Adha.

Adapun hukum melaksanakan sholat Idul Adha adalah sunah muakkadah, artinya pengerjaannya amat dianjurkan atau sunah yang ditekankan pengerjaannya. Sholat Idul Adha dikerjakan dengan dua rakaat dan secara berjamaah. Rangkaian sholat Idul Adha juga disertai khotbah.

Selepas salat Idul Adha, para jamaah dianjurkan tetap berada di masjid atau tempat salat Id untuk mendengarkan khutbah. Pelaksanaan khutbah ini menunjukkan pentingnya momen dan salat yang didirikan. Selain di sholat Id, khutbah juga termasuk dalam rangkaian salat Jumat, salat gerhana dan salat meminta hujan (Istisqa).

Namun, pembacaan khutbah di salah-salat itu tidak sama dalam hal tata cara. Khusus di sholat Id (Idul Adha dan Idul Fitri), khutbah disampaikan selepas salat. Waktu khutbah di sholat ini merujuk pada hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA:

"Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar, dan Umar menunaikan sholat Idul Fitri dan Idul Adha sebelum khutbah," (H.R. Bukhari).

Selain itu, pelaksanaan khutbah Idul Adha hukumnya sunah. Tujuannya untuk menyempurnakan salat Id.

Akan tetapi, jika salat Idul Adha 2020 dilaksanakan di rumah sebagaimana imbauan dari Pengurus Pusat Muhammadiyah maka perlu dilihat dulu jumlah jamaahnya.

Jika jumlah jemaah yang ikut salat Id di rumah kurang dari 4, atau apabila dalam pelaksanaannya tidak ada yang bisa berkhutbah, boleh tidak diadakan khutbah.

Imbauan melaksanakan sholat Idul Adha 2020 di rumah ini berkaitan dengan pandemi COVID-19. Menurut ahli kesehatan, membuat kerumunan dalam jumlah besar, termasuk dalam salat Iduladha di masjid atau lapangan, berpotensi memicu penularan virus corona. Oleh karena itu, pelaksanaan sholat Idul Adha diimbau oleh Muhammadiyah untuk dilaksanakan di rumah saja.


Sedangkan Kementerian Agama (Kemenag) RI mempersilakan pelaksanaan sholat Idul Adha 2020 di lapangan atau masjid yang berlokasi di wilayah aman dari risiko penularan virus corona. Selain itu, menurut Kemenag, pelaksanaan sholat Idul Adha itu juga harus mengikuti ketentuan protokol kesehatan.

Sejumlah ketentuan dalam protokol kesehatan untuk sholat Idul Adha itu tertungan dalam Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 yang diterbitkan Kemenag pada 30 Juni lalu.


Tata Cara Khutbah Sholat Idul Adha

Dalam pelaksanaan khutbah selepas salat Idul Adha, sesuai pendapat para ulama Mazhab Syafi'i, sekurang-kurangnya ada empat rukun yang harus dipenuhi.

Keempat rukun khutbah sholat Idul Adha itu adalah membacakan salawat kepada Nabi Muhammad SAW, wasiat soal takwa, ayat Alquran, dan doa kepada kaum muslim secara umum.

Namun, jika digabungkan dengan sunah-sunahnya, tata cara khutbah Iduladha dapat dilakukan sebagai berikut, sebagaimana dilansir dari laman NU Online:

1. Khatib memulai khutbah Idul Adha dengan membaca takbir hingga sembilan kali.

2. Kemudian, khatib memuji Allah SWT dan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW di bagian awal khutbah.

2. Khatib berwasiat tentang takwa kepada Allah SWT.

3. Khatib disunahkan menyela kedua khutbah dengan duduk sebentar.

Pendapat mengenai kesunahan duduk sejenak di antara dua khutbah ini didasarkan kepada hadis yang diriwayatkan dari Ubaidullah bin Abdullah bin Utbah yang berkata:

"Sunnah seorang Imam berkhutbah dua kali pada shalat hari raya (Idulfitri dan Iduladha), dan memisahkan kedua khutbah dengan duduk," (HR. Asy-Syafi’i).

4. Khatib membuka khutbah kedua dengan takbir tujuh kali.

5. Khatib membaca ayat Alquran di salah satu bagian khutbah kedua.

7. Khatib mendoakan kaum muslimin pada khutbah kedua.

Apabila khutbah sholat Idul Adha dilangsungkan di masjid atau lapangan, Kemenag RI mewanti-wanti agar penyampaiannya dipersingkat untuk menghindari kerumunan dalam waktu lama.

Tujuannya mempersingkat waktu khutbah dan mencegah orang berkerumun dalam waktu lama ini adalah untuk mencegah penularan virus corona (COVID-19).

Penularan penyakit Covid-19 yang belum ada obat dan vaksinnya tersebut perlu diwaspadai karena sebagian orang yang terinfeksi virus corona tidak menunjukkan gejala yang serius. Sementara jika virus corona tertular kepada orang dengan usia lanjut ataupun memiliki penyakit penyerta, seperti darah tinggi, diabetes, sakit jantung, ginjal dan lainnya, dampak fatal bisa terjadi.

Apalagi, berdasarkan data pemerintah, total kasus penularan virus corona telah menembus angka 100 ribu. Hingga 30 Juli 2020, tercatat jumlah total kasus penularan virus corona di Indonesia mencapai 106.336 orang. Dari jumlah itu, 5.058 jiwa meninggal, 64.292 orang sembuh dan 36.986 pasien Covid-19 masih dirawat.


Link Contoh Materi Khutbah Sholat Idul Adha 2020

Mereka yang akan menjadi khatib dalam sholat Idul Adha 2020, baik di lapangan, masjid maupun rumah, bisa mencari rujukan materi khutbah, dari sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam.

Contoh materi khutbah Idul Adha 2020 setidaknya bisa ditemukan di laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, NU Online dan situs PP Muhammadiyah.

Laman resmi MUI Pusat misalnya, pada bulan ini merilis setidaknya dua materi khutbah Idul Adha 2020, yang masing-masing ditulis oleh Wakil Sekjen Bidang Fatwa MUI, Sholahudin Al-Aiyub, dan Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni`am Sholeh.

Sementara laman PP Muhammadiyah merilis dokumen PDF berisi kumpulan materi khutbah Idul Adha 1441 H, yang bisa dibacakan saat Sholat Id di rumah atau tempat terbuka kecil di sekitar rumah. Selain itu, ada juga materi Khutbah Idul Adha yang ditulis Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Adapun situs NU Online, menyediakan sejumlah contoh materi khutbah Idul Adha, baik yang terbit pada 2020 maupun tahun-tahun sebelumnya. Salah satu yang terbaru adalah materi khutbah Idul Adha 2020 yang ditulis oleh Wakil Sekretaris PWNU Jawa Tengah, Khoirul Anwar.

Berikut ini sejumlah link contoh materi khutbah dari MUI, NU Online dan Muhammadiyah:

1. Contoh Khutbah Idul Adha 2020 dari MUI: Link 1 dan Link 2

2. Contoh Khutbah Idul Adha 2020 dari NU Online: Link 1 dan Link 2

3. Contoh Khutbah Idul Adha 2020 dari Muhammadiyah: Link 1 dan Link 2


Baca juga artikel terkait IDUL ADHA 2020 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight