Tata Cara Daftar Sekolah Kedinasan Gratis 2021 di dikdin.bkn.go.id

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 16 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kementerian PANRB kembali mengingatkan bahwa pelamar hanya bisa mendaftar pada satu sekolah kedinasan saja.
tirto.id - Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 telah dibuka mulai 9 April lalu. Pendaftaran sekolah kedinasan 2021 akan dilakukan hingga 30 April mendatang.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar sekolah kedinasan 2021, terdapat beberapa langkah yang harus dilalui secara daring.

Berikut tata cara yang harus dilakukan jika ingin mendaftar di sekolah kedinasan gratis 2021 menurut keterangan tertulis dari Kementerian PANRB.

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftar sekolah kedinasan 2021 adalah dengan mengakses laman dikdin.bkn.go.id.

2. Sebelum melakukan pendaftaran, para pelamar diminta untuk membuat akun akses portal SSCASN di alamat sscasn.bkn.go.id dengan memilih menu registrasi.

3. Pada menu registrasi, pelamar wajib mengisi data diri mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tanggal lahir, serta kabupaten/kota tempat KTP diterbitkan.

4. Dalam pengisian identitas diri, lakukan dengan cermat dan teliti, agar tidak ada kesalahan yang berdampak pada tidak lulusnya seorang pelamar.

5. Langkah selanjutnya pendaftar juga diminta melengkapi data diri ditambah dengan mengatur password akun serta mengunggah pas foto.

6. Setelah kartu informasi akun SSCASN Dikdin 2021 dicetak, pelamar diminta login dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

7. Setelah login, pelamar diminta untuk melakukan swafoto dengan KTP dan kartu informasi akun yang telah dicetak.

8. Lalu masuk dalam tahapan pemilihan sekolah kedinasan. Pelamar memilih sekolah kedinasan yang dituju, formasi, dan jurusan sesuai dengan sekolah kedinasan, pendidikan pelamar, serta asal sekolah dan provinsi asal sekolah pelamar.

9. Pelamar juga wajib mengisi data yang diperlukan lainnya mulai nomor induk siswa nasional (NISN), nomor pokok sekolah dan ijazah serta nomor ijazah. Pelamar juga diminta mengunggah dokumen seperti pembayaran, ijazah, KTP dan lainnya.

10. Setelah pelamar dinyatakan lulus proses seleksi administrasi, mereka diminta mencetak kartu pendaftar akun sekolah kedinasan tahun 2021. Kartu tersebut harus dibawa saat tes berlangsung.

Kementerian PANRB kembali mengingatkan bahwa pelamar hanya bisa mendaftar pada satu sekolah kedinasan saja.


Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight