Target Timnas Indonesia di 2 Laga Pembuka Pra-Piala Dunia 2022

Oleh: Hendi Abdurahman - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Strategi menjaga clean sheet dalam dua laga awal Pra-Piala Dunia 2022 begitu penting bagi pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy.
tirto.id - Timnas Indonesia senior memiliki target untuk meraih kemenangan sekaligus tidak kebobolan dalam dua pertandingan awal mereka di kualifikasi Pra Piala Dunia 2022. Dua laga tersebut adalah ketika Garuda melawan Malaysia dan Thailand, September 2019 mendatang.

Hal tersebut, menurut Simon McMenemy cukup beralasan karena laga akan dihelat di kandang sendiri, Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Andik Vermansah dan kolega diperkirakan mendapat dukungan suporter yang bakal menambah semangat bertanding.

Sejumlah 24 pemain pun telah ditunjuk pelatih asal Skotlandia itu guna menjalani pemusatan latihan alias training camp (TC) yang dimulai 21 Agustus 2019 mendatang di Stadion Pakansari, Bogor.

“Dua pertandingan pertama kami adalah derbi lokal, kuncinya nanti bagaimana kita bisa menguasai serta mengerti bagaimana mengontrol emosi. Penting untuk kami tidak kebobolan, clean sheet sangat penting pada dua pertandingan awal ini. Konsentrasi 90-95 menit,” jelas Simon sebagaimana dilansir situs web resmi PSSI.

Keinginan Simon terlihat dengan dipanggilnya kiper dan bek berpengalaman dalam pemusatan latihan. Bahkan dua penggawa yang kini bermain di Liga Thailand, yakni Victor Igbonefo dan Yanto Basna ikut disertakan.

Selain itu, nama-nama seperti Otavio Dutra dan Hansamu Yama juga memperkuat alasan sang pelatih dengan lebih menekankan pada lini pertahanan yang kuat.

Status tuan rumah juga diperkirakan bakal benar-benar dimanfaatkan Tim Garuda. Selain lebih mengenal karakter lapangan yang akan digunakan, dukungan suporter pun diyakini bisa membuat suasana stadion semakin riuh.

“Saya pernah menjadi pelatih asing yang bermain di GBK melawan Indonesia. Perasaan ketika keluar dari lorong sungguh luar biasa. Atmosfer langsung memberikan efek. Kita tidak dapat berharap bisa menang hanya dengan kemampuan kita sendiri. Kami butuh dukungan dari para suporter. Tanggung jawab bersama untuk bisa menang dalam dua pertandingan awal,” lanjut Simon.

Apabila Timnas Indonesia benar-benar bisa menuai dua laga awal dengan kemenangan, apalagi dengan tanpa kebobolan, kepercayaan diri tim diprediksi bakal meningkat saat laga ketiga kala bertandang menghadapai Uni Emirat Arab (UEA).

Untuk lolos ke babak akhir kualifikasi zona Asia, Indonesia harus menjadi juara Grup G atau minimal berpredikat sebagai runner-up terbaik. Jika hal itu itu terjadi, Tim Indonesia bukan hanya lolos ke babak selanjutnya, melainkan dipastikan melaju otomatis ke Piala Asia 2023.

Jadwal Timnas Indonesia di kualifikasi Pra-Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia:

Kamis, 5 September 2019
Indonesia vs Malaysia

Selasa, 10 September 2019
Indonesia vs Thailand

Kamis, 10 Oktober 2019
UEA vs Indonesia

Selasa, 15 Oktober 2019
Indonesia vs Vietnam

Selasa, 19 November 2019
Malaysia vs Indonesia

Kamis, 26 maret 2020
Thailand vs Indonesia

Selasa, 31 Maret 2020
Indonesia vs UEA

Kamis, 4 Juni 2020
Vietnam vs Indonesia

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman
DarkLight