Tanpa Sejumlah Pilar, Persib Siapkan Formasi Baru Saat Hadapi PSIS

Oleh: Hendi Abdurahman - 19 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Persib bakal memainkan formasi berbeda saat menghadapi PSIS, Minggu (21/7/2019) di Stadion Moch. Soebroto, Magelang.
tirto.id - Absennya beberapa pemain inti saat menghadapi PSIS, Minggu (21/7/2019) membuat pelatih Persib, Robert Alberts bakal menyiapkan formasi yang berbeda. Pergantian formasi tersebut didasari oleh absennya dua pilar di lini belakang, yakni Bojan Malisic dan Achmad Jufriyanto.

Dalam rombongan pemain yang dibawa ke Magelang (tempat dihelatnya laga), hanya Saepuloh Maulana dan Indra Mustafa yang berposisi sebagai bek tengah. Melihat performanya sejauh ini yang kerap berada di bangku cadangan, Robert Alberts pun mengaku akan melakukan perubahan skema.

“Meski sekarang kami harus menurunkan pemain dan formasi baru, saya rasa tim ini sangat siap untuk kembali meraih tiga poin di pertandingan nanti,” ujarnya dilansir situs resmi klub, Jumat (19/7).

Kendati demikian, pelatih berpaspor Belanda itu merasa tertantang. Ia pun menekankan kepada Supardi dan kawan-kawan supaya bermain trengginas. Hasil positif di laga pemungkas saat melawan Kalteng Putra menjadi modal untuk para pemain agar dapat mempertahankan motivasi bermain.

“Apalagi kami baru saja mendapatkan hasil positif di pertandingan sebelumnya [lawan Kalteng Putra], saya rasa semua pemain sangat termotivasi untuk memenangkan pertandingan,” imbuhnya.

Di lain pihak, PSIS tak kalah percaya diri. Kemenangan melawan PSS di kandang lawan membuat Hari Nur Yulianto dan kolega menatap pertandingan dengan ambisi meraup tiga poin. Apalagi, musim lalu di tempat yang sama, Mahesa Jenar juga sukses menumbangkan Maung Bandung dengan skor yang cukup telak.

“Untuk laga Minggu sore, tentu seperti pertandingan yang sebelumnya, kami tetap menargetkan poin penuh, apalagi laga besok merupakan laga kandang. Pada musim lalu, PSIS juga menang 3-0 atas Persib. Tentu kami ingin itu kembali terulang,” kata General Manajer PSIS, Wahyu Sunarto.

“Kemarin PSIS berhasil meraih poin penuh di Sleman, kami sangat mengapresiasi itu. Hasil tersebut tentunya menambah motivasi tersendiri untuk lawan Persib Bandung,” tambahnya.

Persib terpaut 4 poin dari PSIS di tabel klasemen sementara. Kemenangan dibutuhkan masing-masing tim guna terus merengsek ke papan atas. Saat ini, posisi puncak masih ditempati TIRA Persikabo, sekaligus menjadi satu-satunya tim yang belum pernah terkalahkan.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman
DarkLight