Pilpres 2019:

Tanggapan Tim Jokowi Soal Kader Golkar yang Menyeberang ke Prabowo

Oleh: Lalu Rahadian - 25 September 2018
Tim Jokowi memastikan bahwa Partai Golkar akan solid meski ada sebagian kader yang menyeberang ke kubu Prabowo-Sandiaga.
tirto.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin yakin tak ada pengaruh signifikan dari sikap sejumlah kader Partai Golkar yang mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Verry Surya Hendrawan berkata Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus sudah mengkonfirmasi dukungan sejumlah kader partainya. Hasilnya, Lodewijck disebut tetap memastikan soliditas Golkar mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Partai Golkar di Rapimnas 2016 dan Munaslub 2017 telah secara bulat memutuskan untuk mendukung Pak Jokowi. Dan ini sudah final. Bahkan sampai pelepasan Caleg tanggal 23 September 2018 (telah ditegaskan lagi oleh Ketum Golkar)," kata Verry dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (25/9/2018).

Sejumlah kader Golkar yang mendukung Prabowo-Sandiaga menamakan diri sebagai "Go-Prabu", akronim dari Golkar Prabowo-Uno. Koordinator Nasional Forum Caleg Partai Golkar Cupli Risman menyampaikan, dukungan diberikan lantaran Jokowi tak memilih Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai cawapres

Ia juga menyebut ada potensi kerugian jika para kader Golkar yang maju sebagai anggota dewan di daerah tetap memilih Jokowi-Maruf. Karena itu lah, kata dia, mereka menyeberang dan memberikan dukungan kepada Prabowo.

"Dari sekian personal yang ada di video, hanya 2 yang benar-benar adalah Caleg Partai Golkar. Sehingga sangat tidak mungkin dapat merepresentasikan ribuan caleg lainnya. 9 parpol di TKN KIK tetap sepenuhnya kompak, solid dan memegang teguh komitmen untuk paslon nomor urut 01, Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf," tutur Verry.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight