Tanggapan Menhub Soal Rencana Penerbangan Carter Polandia-Denpasar

Oleh: Maya Saputri - 6 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter F Gontha mengatakan rencananya penerbangan carter ini dua minggu sekali selama 4-5 bulan akan membawa kurang lebih 252 penumpang menuju Denpasar dengan maskapai LOT Airline.
tirto.id - Perusahaan penerbangan asal Polandia beserta salah satu agen travel terkemuka berencana dalam waktu dekat akan memulai kembali penerbangan carternya dari Warsawa, ibu kota Polandia, menuju Denpasar.

Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter F Gontha mengatakan rencananya penerbangan carter ini dua minggu sekali selama 4-5 bulan akan membawa kurang lebih 252 penumpang menuju Denpasar dengan maskapai LOT Airline.

Menanggapi rencana Peter F. Gontha ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik dan mengapresiasi rencana ini.

“Ini suatu rencana yang luar biasa, bisa membawa turis dari Polandia direct langsung ke Denpasar, saya mengapresiasi dan mendukung terkait rencana ini,” ucap Menhub Budi di Jakarta, Selasa (5/6/2018), dari rilis tertulis yang diterima Tirto, Rabu (6/6/2018).

Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi juga mengapresiasi kerja keras Duta Besar Indonesia untuk Polandia Peter F. Gontha yang telah mendukung kunjungan wisatawan ke Indonesia.

“Saya juga sangat mengapresiasi kerja keras Duta Besar Indonesia untuk Polandia Bapak Peter F. Gontha yang dengan berbagai upayanya telah berhasil menarik minat pemerintah Polandia untuk kembali membuka penenerbangan carter ke Denpasar direct,” ujar Menhub.

Selanjutnya Menhub Budi akan segera berdiskusi internal Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan pihak-pihak lainnya.

“Saya akan segera berdiskusi dengan Direktur Jenderal Perhubungan Udara terkait rencana ini. Kami ingin penerbangan ini tidak hanya selamat tapi juga untuk memastikan penerbangan tersebut sesuai aturan perundangan yang berlaku. Aturan jangan dilanggar,” tegas Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Menhub secara tegas menyampaikan bahwa aturan perundangan tentang penerbangan yang berlaku di Indonesia wajib ditegakkan. Terlebih katanya ini ada terkait dengan keamanan negara karena kita membawa orang asing masuk ke Indonesia.

“Saya sangat mendukung rencana ini, tapi ini harus kita lihat lagi jangan sampai kita melanggar aturan yang berlaku, ini menyangkut kedaulatan negara kita,” pungkas Menhub.

Dubes RI untuk Polandia Peter F. Gontha sempat mengeluhkan Departemen perhubungan yang masih sangat kaku dalam menunjang program Pemerintah Presiden Jokowi meningkatkan turisme. Melalui akun Facebook resminya, Peter menjelaskan menyambut gembira perusahaan penerbangan Polandia (LOT Airline) beserta Tour Operator terkemuka Rainbow Tours, yang akan memulai lagi penerbangan Charter dari Warsawa langsung Ke Bali pada 24 Juni 2018.

Namun ia mengaku program mendatangkan turis melalui penerbangan carter tersebut terganjal peraturan Kemenhub. Salah satu peraturan yang dimaksud yakni pesawat carter hanya boleh membawa dan memulangkan penumpang yang datang dan pergi naik carter. Disinyalir dengan peraturan ini, maka maskapai penerbangan carter akan merugi karena pada penerbangan pesawat carter terakhir juga kosong kembali ke Indonesia untuk menjemput turis kloter terakhir.

Baca juga artikel terkait TURISME atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight