Asian Games 2018

Tanggapan Ketua INASGOC Soal Pesilat Malaysia yang Rusak Ruangan

Oleh: Yulaika Ramadhani - 31 Agustus 2018
"Seharusnya semua atlet dapat menerima setiap hasil pertandingan," kata Erick
tirto.id - Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir menanggapi atlet pencak silat Malaysia Mohd Al Jufferi Jamari yang emosi hingga merusak ruangan di lokasi pertandingan lantaran tidak terima terhadap putusan wasit dan juri.

"Seharusnya semua atlet dapat menerima setiap hasil pertandingan," kata Erick usai menggelar Rapat Koordinasi Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Polda Metro Jaya, Kamis (31/8/2018) sebagaimana dilansir Antara.

Pesilat Malaysia Mohd Al Jufferi Jamari merusak fasilitas warming up room yang ada di belakang arena padepokan pencak silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), karena tak terima kalah dari Indonesia, Senin (26/8/2018).

Pada babak final kelas E (65 - 70 kilogram), Al Jufferi ditaklukan pesilat Indonesia Komang Harik Adi Putra. Al Jufferi memilih untuk walk out ketimbang menyelesaikan pertarungan yang tinggal menyisakan satu menit.

Usai pertandingan, Al Jufferi terdengar berteriak-teriak memaki juri yang menurutnya tak adil. Selang beberapa detik kemudian terdengar suara keras di ruang pemanasan atlet.

Sambil bertelanjang dada, terlihat Al Jufferi menendang dinding eternit pembatas hingga jebol. Sesekali dia meneriakkan syahadat dan takbir.

Erick menekankan seluruh atlet harus dapat menerima kemenangan bahkan kekalahan dalam setiap pertandingan berdasarkan keputusan wasit dan tanpa mengedepankan emosi.

Terlebih menurut Erick, Mohd Al Jufferi merupakan salah satu atlet juara dunia pada cabang olahraga pencak silat. Namun aksi emosi yang diperlihatkan Al Jufferi menurut Erick tidak menunjukkan atlet tingkat dunia.

Erick juga membantah tuduhan negara lain yang mencurigai wasit dan juri pencak silat pada Asian Games Jakarta berlaku tidak adil dan curang.

Erick menegaskan panitia maupun wasit dan juri seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games Jakarta diseleksi Asian Federation.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight