Tanda HP Android Kena Malware atau Virus dari Aplikasi Berbahaya

Oleh: Muhammad Fadly - 18 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tanda-tanda HP Android kena malware atau virus.
tirto.id - Jika mengunduh aplikasi dari toko resmi untuk sistem operasi ponsel maka tidak perlu cemas ponsel Android akan terserang atau kena virus. Kondisi mungkin berbeda ketika mengambil atau mengunduh aplikasi di luar toko resmi bawaan Android.

Seperti halnya komputer, virus ini bisa berupa kode yang dikirim melalui aplikasi, email, atau bahkan pesan teks. Secara teknis, kode komputer didefinisikan sebagai virus ketika kode itu menggandakan diri setelah perangkat terinfeksi dan kemudian menghancurkan data atau mencoba mengirim data ke perangkat lain.

Cara paling umum Android mendapatkan virus dan masalah lain adalah melalui aplikasi, lampiran melalui email, pesan teks, dan bahkan situs web jahat. Pada akhirnya, apa pun jenis virus yang masuk ke dalam Android semuanya perlu penanganan.

Selain membatasi fungsi Android, virus dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius terhadap ponsel Android dengan menghapus data, mengumpulkan informasi pribadi, atau membuat (atau berusaha melakukan) pembelian yang tidak sah.

Malware adalah program atau aplikasi kecil yang dirancang untuk merusak sebuah sistem atau untuk merugikan pengguna.Ada beberapa jenis virus dari perlu diwaspadai karena bisa menyerang HP Android, yaitu sebagai berikut.
  1. Adware: membuat iklan dengan tautan ke halaman web atau aplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan atau pelanggaran keamanan.
  2. Malware: mengambil alih fungsi android tertentu untuk mencuri informasi pribadi, mengirim pesan teks, atau melakukan tindakan bermasalah lainnya.
  3. Ransomware: mengunci file atau aplikasi, lalu meminta uang dari pengguna dengan imbalan membuka kuncinya.
  4. Spyware: memantau aktivitas telepon pengguna untuk tujuan tidak benar.
  5. Trojan Horse: menyambungkan dirinya sendiri ke aplikasi yang sah, kemudian mengganggu operasi android.
Cara untuk mengetahui Android memiliki virus seperti yang dilansir laman Lifewire, yaitu sebagai berikut.
  • Ada aplikasi yang tidak pernah diunduh sebelumnya. Periksa daftar aplikasi untuk melihat apakah ada aplikasi yang tidak dikenal.
  • Android ”ngeheng” secara teratur. Jika itu terjadi sekali dan tidak ada gejala lain, mungkin bukan karena virus yang menjadi penyebabnya. Akan tetapi jika itu mulai sering terjadi, kemungkinan virus adalah penyebabnya.
  • Baterai terkuras lebih cepat dari biasanya. Jika menggunakan telepon seperti biasanya, tetapi kehabisan daya lebih cepat, itu pertanda lain.
  • Mendapatkan lebih banyak iklan pop-up dari biasanya. Virus dapat menyebabkan iklan pop-up menjadi lebih umum dan menjengkelkan.
  • Penggunaan data menjadi lebih meningkat. Jika tagihan seluler menunjukkan lebih banyak penggunaan data daripada biasanya, dan penggunaan telepon tetap seperti biasanya, kemungkinan virus menjadi penyebabnya.
  • Mendapatkan biaya SMS tambahan pada tagihan. Beberapa malware mengirim pesan teks ke nomor premium, dan menaikkan biaya.

Baca juga artikel terkait MALWARE atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadly
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Muhammad Fadly
Penulis: Muhammad Fadly
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight