Tak Ada Libur Nasional di Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle

Oleh: Yuliana Ratnasari - 28 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Downing Street menyebutkan, tidak ada rencana hari libur nasional untuk menandai pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.
tirto.id - Pangeran Harry telah mengumumkan pertunangannya dengan seorang aktris Amerika, Meghan Markle, pada Senin (27/11/2017). Keduanya berencana melangsungkan pernikahan pada musim semi tahun depan.

Namun, tidak ada rencana hari libur nasional untuk menandai pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle ini, demikian kata Downing Street, kantor perdana menteri di Inggris.

Padahal kemungkinan hari libur ekstra telah mendominasi reaksi media sosial terhadap berita pertunangan Harry dan Markle. Tapi keputusannya tetap ada pada pemerintah, yang mengatakan bahwa “tak ada preseden dalam hal ini,” demikian yang dikutip
BBC.

Liburan nasional diumumkan di seluruh Inggris pada tahun 2011 untuk pernikahan kakak laki-laki Harry, Pangeran William, dengan Kate Middleton.

Sebagai perayaan besar, saat itu orang-orang berbaris di jalanan London untuk menemui pasangan kerajaan itu dalam perjalanan mereka ke Westminster Abbey.

Di seantero negeri, orang-orang mengadakan pesta di jalanan dan memadati taman-taman untuk menonton prosesi pernikahan di layar lebar.

Liburan nasional juga diadakan untuk pernikahan ayah Pangeran William, Pangeran Charles dengan Lady Diana Spencer pada tahun 1981. Acara ini diperkirakan menarik penonton televisi secara global sebesar 750 juta.

Setelah upacara tersebut, ribuan orang menyambut gembira pasangan tersebut saat mereka melambai dari balkon Istana Buckingham.

Juru bicara Perdana Menteri Theresa May mengatakan bahwa tidak ada hari libur nasional pula untuk menandai pernikahan saudara laki-laki Charles yang lebih muda, Pangeran Andrew pada tahun 1986 atau Pangeran Edward pada tahun 1999.

Namun, hari libur nasional diumumkan untuk pernikahan Putri Anne pada tahun 1973. Diperkirakan 500 juta orang di seluruh dunia menyaksikan pernikahan putri sulung Ratu Elizabeth dan Kapten Mark Phillips itu.

Dalam sebuah penampilan singkat di Sunken Garden, Istana Kensington, Harry mengatakan kepada wartawan bahwa dia tahu Markle adalah "satu-satunya" sejak "pertama kali kita bertemu."

Markle mengatakan bahwa dia "sangat bahagia" dan menunjukkan cincin pertunangannya kepada wartawan.

Cincin yang dirancang oleh Harry itu memiliki hiasan emas dan berlian besar dari Botswana serta dua berlian luar yang lebih kecil dari koleksi pribadi almarhum ibu Harry, Diana, Princess of Wales, menurut sebuah pernyataan dari Kensington Palace yang dilansir CNN.


Baca juga artikel terkait PERNIKAHAN atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari