Tahun Baru, Whatsapp Setop Layanan di Windows Phone 8 & BB 10

Oleh: Maya Saputri - 27 Desember 2017
Dibaca Normal 1 menit
Mulai 1 Januari 2018, layanan percakapan WhatsApp tidak akan tersedia pada handset yang menjalankan Windows Phone 8.0 (atau versi sistem operasi yang lebih lama), BlackBerry OS atau BlackBerry 10.
tirto.id - WhatsApp tidak lagi bisa diakses di beberapa tipe smartphone dan platform mobile dengan spesifikasi versi lama saat tahun baru nanti.

Mulai 1 Januari 2018, layanan percakapan WhatsApp tidak akan tersedia pada handset yang menjalankan Windows Phone 8.0 (atau versi sistem operasi yang lebih lama), BlackBerry OS atau BlackBerry 10.

WhatsApp merilis informasi tersebut dalam sebuah update untuk sebuah posting blog yang pada awalnya diterbitkan pada bulan Februari 2016.

Dari 1 Januari 2018, layanan messenger tidak akan tersedia pada handset yang menjalankan Windows Phone 8.0 (atau versi sistem operasi yang lebih lama), BlackBerry OS atau BlackBerry 10.

"Ketika kami memulai WhatsApp di tahun 2009, penggunaan perangkat seluler oleh orang-orang terlihat sangat berbeda dari sekarang. Apple App Store hanya berumur beberapa bulan. Sekitar 70 persen smartphone yang terjual pada saat itu memiliki sistem operasi yang ditawarkan oleh BlackBerry dan Nokia," menurut rilis WhatsApp, seperti dilansir dari Independent.

"Sistem operasi mobile yang ditawarkan oleh Google, Apple dan Microsoft -yang menyumbang 99,5 persen penjualan hari ini- berada di kurang dari 25 persen perangkat mobile yang terjual saat itu," ujarnya.

Platform yang tidak diaktifkan oleh WhatsApp ini sudah tidak populer dan terbilang lama. Perusahaan tersebut mengakhiri dukungan untuk perangkat Nokia Symbian S60 pada bulan Juni lalu.

Mereka juga berencana untuk mengurangi akses untuk perangkat Nokia S40 pada 31 Desember 2018 dan ponsel yang menjalankan Android versi 2.3.7 dan yang lebih tua pada tanggal 1 Februari 2020.

Meski platform ini masih bisa digunakan, WhatsApp tidak lagi aktif mengembangkannya, yang berarti beberapa fitur bisa berhenti berfungsi setiap saat.

"Sementara perangkat mobile ini telah menjadi bagian penting dari kami, mereka tidak menawarkan kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa depan," kata posting blog perusahaan tersebut.

"Ini adalah keputusan yang sulit, tapi kami nilai lebih tepat untuk memberi pilihan cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai dengan menggunakan WhatsApp," seperti disebutkan dalam rilis.

"Jika Anda menggunakan salah satu perangkat seluler yang terpengaruh dengan kebijakan ini, kami sarankan untuk mengupgrade ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru."

Infografik Whatsapp

Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight