Taeyeon SNSD dan Yoon Jong Shin Akan Rilis Lagu Kolaborasi Mei 2019

Oleh: Syarifah Aini - 26 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kolaborasi Taeyeon SNSD dan Yoon Jong Shin merupakan bagian dari proyek besar yang digelar untuk merayakan 30 tahun anniversary Jong Shin
tirto.id - Penyanyi dan penulis lagu legendaris asal Korea Selatan Yoon Jong Shin akan merilis proyek lagu berkolaborasi dengan Taeyeon Girls Generation (SNSD) pada bulan Mei 2019.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari proyek besar yang ia gelar untuk merayakan 30 tahun anniversary karier bermusiknya di industri hiburan Korea.

Dalam proyek besar ini, Yoon Jong Shin akan mengajak deretan artis kelahiran 1989 untuk berkolaborasi dengan proyeknya. Jika dihitung dengan hitungan umur Korea, maka artis kelahiran 1989 ini merupakan artis yang berumur 30 tahun, tepat menandai 30 tahun perjalanan karier Yoon Jong Shin di industri musik negaranya.

Selain berkolaborasi dengan jajaran artis dengan kelahiran tahun 1989, Yoon Jong Shin juga akan berkolaborasi dengan sebuah brand fesyen asal Korea bernama “Beanpole”. Brand fashion ini diketahui juga telah berdiri pada tahun 1989 silam.

Sebagaimana dilansir Soompi, jajaran artis kelahiran 1989 ini, nantinya akan merilis sebuah remake dari lagu klasik yang dipilihkan langsung oleh penyanyi, penulis, sekaligus produser handal Yoon Jong Shin.

Yoon Jong Shin mengungkapkan bahwa proyek ini akan dirilis setiap bulannya. Ia bahkan mendeskripsikannya sebagai sebuah “suplemen” di tiap bulan.


Berdasarkan informasi yang ia rilis melalui instagram pribadinya pada Senin (25/3/2019), diketahui bahwa proyek ini telah dimulai sejak bulan Maret ini yang diawali dengan merilis sebuah lagu yang ia nyanyikan sendiri.

Proyek kemudian akan berlanjut di bulan April dengan merilis sebuah lagu yang akan dinyanyikan Jang Beom Jun “Busker Busker” pada bulan April.


Pada tahun 2014 silam, Taeyeon yang dilansir TV Report (4/10/2014) pernah menyebut nama Yoon Jong Shin sebagai salah satu Komposer yang ingin ia ajak kolaborasi.

Sementara itu pada tahun 2017, Yoon Jong Shin mengungkapkan, produser senior ini telah membuatkan sebuah lagu untuk salah seorang personel Girls Generation tersebut yang ia beri judul “Taeyeon Ballad”.

Sayangnya ketika Yoon Jong Shin menghubungi pihak agensi untuk izin bekerja sama, pihak SM Entertaiment menuturkan bahwa artisnya tersebut sudah terlalu banyak merilis lagu kolaborasi di tahun tersebut. Atas penolakan ini, pada akhirnya Yoon Jong Shin tetap merilis lagu ciptaannya dengan mengubah judulnya menjadi “Forgetful”.


Oleh karena itu, atas rencana kolaborasi ini, sejumlah penggemar kedua artis tersebut sangat antusias menantikan hasil lagu yang akan dibawakan oleh Taeyeon pada bulan Mei 2019.




Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani