Syarat Valentino Rossi Gabung ke Petronas Yamaha di MotoGP 2021

Oleh: Permadi Suntama - 18 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Valentino Rossi harus menyesuaikan dengan kondisi tim jika tetap ingin mengaspal bersama Petronas Yamaha musim depan.
tirto.id - Valentino Rossi diprediksi akan tetap mengaspal di MotoGP 2021 bersama tim satelit Petronas Yamaha SRT. Hal itu diyakini jadi keputusan terbaik The Doctor alih-alih memilih pensiun pada akhir musim 2020 di tengah situasi pandemi COVID-19.

Direktur Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, pun telah melakukan pembicaraan dengan perwakilan Yamaha dan para sponsor yang mendukung tim. Hasilnya, mereka sepakat untuk menjadikan Rossi sebagai salah satu pembalap mereka di musim 2021, dan akan mendukungnya secara penuh.

Kendati demikian, Razlan Razali, menegaskan bahwa Valentino Rossi harus menyesuaikan dengan kondisi tim Petronas Yamaha. Pasalnya, sebagai tim satelit mereka tidak bisa mendukung kebutuhan pembalapnya secara penuh seperti tim pabrikan.

“Kami melakukan diskusi dengan Yamaha untuk membahas aspek teknis, jika Valentino Rossi bergabung dengan kami. Kami membahas motor, dan biayanya," kata Razlan Razali, dikutip dari Crash.

"Kami juga berdiskusi secara intens dengan Petronas yang menjadi sponsor utama kami, tentang kemungkinan Valentino Rossi bergabung dengan kami, tetapi kami belum melakukan pertemuan dengan Rossi, dan kami ingin segera bertemu dengannya," tambahnya.

Dengan dukungan penuh yang ditawarkan oleh Petronas Yamaha SRT, Razlan yakin juara dunia MotoGP 6 kali itu akan menerima tawaran mereka. Bahkan, Petronas Yamaha telah menyiapkan klausul perpanjangan kontrak di musim 2022 jika performanya cukup memuaskan.

Pihaknya pun menuntut Rossi untuk memberikan penampilan terbaiknya dan berjuang di setiap seri. Razlan Razali pun tak ingin Petronas Yamaha hanya jadi tim terakhir yang diperkuat oleh Rossi sebelum pensiun. Ia ingin supaya Rossi, bisa meraih podium demi podium dan membuat Petronas Yamaha jadi tim satelit terbaik, setidaknya menyamai pencapaian musim 2018.

"Meski kami mendukung Rossi sepenuhnya, pada saat yang sama kami tidak ingin menjadikannya istimewa dari pembalap lain. Tim adalah yang paling penting, dan apa yang kami miliki tahun lalu sangat bagus untuk tim debutan di MotoGP," kata Razlan Razali.

"Kami berada di tahun kedua kami dan kami tidak ingin mengubah 360 derajat proyek kami hanya untuk satu orang. Kami ingin Valentino Rossi melakukan balapan dengan baik dan tampil kompetitif untuk berjuang meraih podium," tambahnya.

Selain itu, jika The Doctor mampu menunjukkan penampilan yang bagus dan kompetitif di musim 2021 tidak menutup kemungkinan bagi Petronas Yamaha untuk memberi perpanjangan kontrak. Namun, hal itu tergantung dengan keputusan Valentino Rossi, akan melanjutkan kariernya atau pilih pensiun.

Rencana paling dekat Petronas adalah melakukan pembicaraan dengan Valentino Rossi untuk membahas masa depannya. Dengan situasi yang ada saat ini, The Doctor diyakini bakal bergabung dengan Petronas Yamaha di MotoGP 2021.


Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight