Syarat Perpanjang SIM dan Panduan Pembayaran Secara Online

Oleh: Mochammad Ade Pamungkas - 8 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Syarat memperpanjang SIM A, B, C dan panduan melakukan pembayaran secara online.
tirto.id - Perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) saat ini sudah bisa dilakukan secara online dan tanpa harus mengantre, tidak harus dilakukan di layanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas).

Setiap pemilik SIM bisa melakukan perpanjangan SIMnya di layanan SIM keliling.

Para pemohon perpanjangan SIM cukup membuka website https://sim.korlantas.polri.go.id. Kemudian masuk ke dalam pilihan menu registrasi online, lalu pilih menu Pendaftaran SIM Online.

Dikutip dari laman Korlantas Polri, berikut ialah langkah langkah mengajukan registrasi SIM online.

Dalam proses registrasi tersebut, pemohon akan diminta untuk mengisi NIK KTP kemudian klik tombol “cari”, lalu mengisi kelengkapan data pribadi beserta kontak darurat yang dapat dihubungi.

Setelahnya, pendaftar dapat memilih metode pembayaran mengisi rekening pengembalian dana dan mengisi tanggal kedatangan. Tanggal kedatangan tersebut ditujukan untuk melakukan mekanisme penerbitan atau perpanjangan SIM.

Paling tidak ada 2 metode pembayaran, pertama ialah metode pembayaran melalui BRIVA, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dan internet banking.

Selain melalui BRIVA, pendaftar dapat membayarnya melalui loket-loket pembayaran berlogo online payment system (onpay).

Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tersebut akan dikembalikan jika pendaftar tidak hadir atau mengundurkan diri pada tanggal yang dipilih atau karena pendaftar tidak lulus ujian.

Lalu ada beberapa persyaratan yang harus dipenihi pendaftar untuk registrasi SIM online di antaranya yaitu:

Untuk memenuhi persyaratan usia, pendaftar (WNI ataupun WNA) harus berusia minimal 17 tahun ke atas untuk mendapatkan SIM A, SIM C, dan SIM D.

Sedangkan untuk mendapatkan SIM B pendaftar paling tidak berusia 20 tahun ke atas dengan klasifikasi sebagai berikut:
  • SIM B I: minimal 20 tahun
  • SIM B II: minimal 21 tahun
  • SIM A Umum: minimal 20 tahun
  • SIM B I Umum: minimal 22 tahun
  • B II Umum: minimal 23 tahun
Selain itu, pendaftar juga diminta untuk memenuhi persyaratan administrasi dengan mengisi formulir pengajuan SIM dan KTP asli bagi WNI

Sedangkan bagi warga negara asing selain mengisi formulir, pendaftar juga diwajibkan melampirkan beberapa dokumen keimigrasian berupa paspor, visa ataupun kitap (kartu izin tinggal tetap) bagi yang berdomisili tetap di Indonesia.

Persyaratan administrasi di atas ditujukan untuk mengajukan SIM Baru, perpanjangan SIM, penggantian SIM yang hilang atau rusak, Pengalihan golongan, perubahan data, dan penerbitan kembali akibat pencabutan SIM

Namun untuk pengajuan Golongan Umum baru, pendaftar harus melampirkan sertifikat lulus pendidikan dan pelatihan pengemudi, dan surat izin kerja dari instansi terkait bagi WNA.

Paling tidak ada dua persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi yaitu kesehatan jasmani berupa penglihatan, pendengaram, dan fisik. lalu kesehatan rohani berupa kemampuan konsentrasi, kecermatan, stabilitas emosi, kemampuan penyesuaian diri dan ketahanan kerja.

Dikutip dari Antara.com, pendaftar yang berdomisili di Jabodetabek dapat memanfaatkan gerai perpanjangan SIM di mal-mal yang telah disediakan oleh Polda Metro Jaya, gerai tersebut yang berada di:
  • Gandaria City yang beroperasi Senin-Sabtu, pukul 12.00-18.00 WIB.
  • Artha Gading beroperasi Senin-Sabtu, pukul 12.00-18.00 WIB
  • PluitVillage beroperasi Senin-Minggu, pukul 08.00-12.00 WIB
  • Taman Palem beroperasi Senin-Sabtu, pukul 10.00-16.00 WIB
  • Blok M Square beroperasi Senin-Sabtu, pukul 10.00-14.00 WIB
  • Mal Pelayanan Publik beroperasi Senin-jumat, pukul 08.00-15.00 WIB
  • Tamini Square beroperasi Senin-Sabtu, pukul 11.00-19.00 WIB

Selain itu berdasarkan dari Laman NTMPC Polri, Samsat keliling juga mulai digalakan di beberapa kota-kota besar. Beberapa Polresta yang sudah menjalankan sim keliling di antaranya seperti Jabodetabek, Semarang, Cirebon, Pontianak, Surakarta dan beberapa kota besar lainnya.

Layanan SIM keliling tersebut akan diadakan dari hari Senin sampai Sabtu dan sebagian besar mulai beroperasi pada pukul 08.00 pagi sampai pukul 15.00 sore.

Warga yang hendak mengurus pembuatan maupun perpanjangan sim diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan demi pencegahan COVID-19.


Baca juga artikel terkait CARA PERPANJANG SIM atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight