Syarat Membuat Sertifikat Imunisasi Anak Selama Pandemi Covid-19

Oleh: Septiany Amanda - 17 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah tips aman untuk membawa anak melakukan imunisasi selama pandemi Covid-19.
tirto.id - Selama pandemi COVID-19, banyak orang tua merasa khawatir saat akan membawa anak mereka ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan imunisasi karena takut tertular virus corona atau pun alasan lain.

Namun, bayi atau anak tetap harus mendapatkan layanan imunisasi meskipun di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Sebab, imunisasi penting untuk melindungi anak-anak dari paparan virus.

Untuk melindungi anak dari paparan virus corona saat akan datang ke layanan imunisasi, ada beberapa langkah aman yang bisa diterapkan orang tua agar anak tetap bisa mendapatkan pelayanan imunisasi dengan tepat.

UNICEF memberikan panduan kepada para orang tua untuk menerapkan 8 langkah aman imunisasi bagi bayi dan anak pada masa pandemi Covid-19 sebagai berikut :

Pertama: Sebelum menuju fasilitas kesehatan, Posyandu, atau Puskesmas, pastikan Anda dan anak dalam kondisi sehat (tidak batuk, flu, demam, atau merasakan gejala lainnya). Pastikan pula tidak ada riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19.

Kedua: Datanglah ke fasilitas kesehatan, Posyandu, Puskesmas, atau tempat penyedia layanan imunisasi lainnya sesuai jadwal imunisasi yang sudah ditetapkan oleh tenaga kesehatan. Sebelum berangkat, cek dan pastikan bahwa waktu yang Anda pilih telah sesuai dengan jadwal.

Ketiga: Selalu kenakan masker sebelum menuju fasilitas kesehatan, Posyandu, atau Puskesmas. Jangan lupa bawa buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) atau kartu imunisasi anak yang nantinya pasti diperlukan.

Keempat: Sesampainya di tempat penyedia layanan imunisasi, bergegas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau gunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dengan benar, sebelum masuk ke ruangan pelayanan imunisasi.

Kelima: Lakukan registrasi dan duduklah di ruang tunggu sebelum imunisasi atau 30 menit setelah imunisasi. Jaga jarak aman setidaknya 2 meter dari orang lain, baik saat berada di ruang tunggu maupun saat memasuki dan keluar dari ruangan.

Keenam: Cuci tangan kembali setelah layanan imunisasi selesai diberikan. Tentu saja cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir, atau memakai cairan pembersih tangan (hand sanitizer), lalu segeralah pulang.

Ketujuh: Setibanya di rumah, segera bersihkan diri dan anak Anda. Mandi, cuci rambut, ganti pakaian, kain gendongan, serta barang-barang lainnya yang dibawa ke luar rumah dan sekiranya perlu dibersihkan agar steril.

Kedelapan: Apabila Anda atau anak mengalami keluhan imunisasi, segera hubungi fasilitas layanan imunisasi yang sebelumnya Anda datangi atau tenaga kesehatan yang terpercaya.


Syarat Mendapatkan Sertifikat Imunisasi


Imunisasi lengkap pada bayi atau anak juga menjadi syarat untuk membuat dan mendapatkan Sertifikat Imunisasi. Adapun syarat lengkap untuk memperoleh Sertifikat Imunisasi seperti yang dipaparkan dalam situs resmi Sipp Kemenpan RB :

  • Buku KIA;
  • Fotocopy Kartu Keluarga;
  • Fotocopy Akte Kelahiran.



Baca juga artikel terkait IMUNISASI atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Septiany Amanda
Penulis: Septiany Amanda
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight