Syarat Memasok Barang ke Indomaret dan Peluang Bisnis Waralaba

Kontributor: Dinda Silviana Dewi - 29 Okt 2021 16:12 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Agar cara menjual barang di Indomaret berhasil, ketahui terlebih dahulu syarat memasok barang ke jaringan minimarket tersebut. Berikut ini penjelasannya.
tirto.id - Cara menjual barang di Indomaret perlu diketahui bagi Anda yang ingin nitip jualan di minimarket tersebut. Sebelum mengetahui cara memasukan barang ke Indomaret, pahami terlebih dahulu syarat menawarkan produk ke jaringan minimarket tersebut.

Memikirkan di mana produk akan dijual adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Baik itu makanan, minuman, atau barang-barang keperluan rumah tangga seperti sabun, sikat gigi, produk kecantikan, dan lain sebagainya.

Apabila Anda merupakan seorang pelaku usaha dan sedang memikirkan di mana Anda harus menjualnya, mungkin Anda dapat mencoba untuk menjualnya di Indomaret.

Indomaret adalah salah satu bentuk bisnis waralaba yang ada di Indonesia. Kini, Indomaret telah menjamur dan telah ada di seluruh wilayah Indonesia. Indomaret menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari dan menawarkan kemudahan bagi para pelanggan karena barang dagangannya yang lengkap.

Lantas, bagaimana cara untuk dapat memasok barang dagangan di Indomaret?

Cara Menjual Barang di Indomaret


Dilansir dari laman resmi Indomaret, syarat yang harus dipenuhi produk untuk dapat dijual adalah apakah produk tersebut sesuai dengan segmen Indomaret. Selain itu, akan diperhatikan pula jenis produk, kerapian kemasan, kehigienisan, dan modernitasnya.

Tidak hanya itu, produk harus dijual dengan harga kompetetif berbanding dengan kualitas barang yang ditawarkan. Untuk produk makanan, diharuskan menyertakan produsen atau distributornya, ukuran produk dalam gram atau liter bila minuman, dan regristrasi dari Departemen Kesehatan atau lembaga terkait.

Selain itu, wajib ditambahkan pula tanggal kadaluarsa, label halal, dan barcode. Hal tersebut untuk menjamin keamanan bagi konsumen.

Apabila Anda memenuhi syarat-syarat tersebut segeralah mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu pemasok salah satu bisnis waralaba besar di Indonesia tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Melengkapi formulir aplikasi produk dan pemasok yang dapat diundur di laman resmi Indomaret.
  2. Berkomitmen atas pemenuhan order, jadwal pengiriman, dan sistem pembayaran yang ditawarkan Indomaret.
  3. Membuat usulan kerja sama promosi produk.
  4. Bersedia melakukan evaluasi penjualan.

Peluang Bisnis Waralaba di Indonesia


Selain sebagai tempat pemasaran produk, waralaba Indonesia diyakini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hal tersebut dibenarkan oleh Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kementrian Perdagangan Karyanto Suprih sebagaimana dikabarkan Antara.

Dalam pembukaan acara Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) 2019 di Jakarta pada tanggal 13-15 September 2019 lalu Karyanto menyampaikan, pertumbuhan bisnis waralaba bisa mencapai 8 hingga 10 persen didukung oleh kondisi politik yang mulai stabil.

Selain itu, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Levita G. Supit mengatakan bisnis waralaba akan berdampak baik bagi masyarakat Indonesia.

Ia mengatakan bisnis tersebut dapat mengurangi tingkat pengangguran, peningkatan pendapatan masyarakat dan perekonomian Indonesia, serta meningkatkan pemakaian bahan baku lokal Indonesia dilansir Antara.

Baca juga artikel terkait INDOMARET atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Marketing)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Agung DH
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight